Published On: Tue, Sep 29th, 2015

Puluhan Hektar Tanaman Padi dan Jagung Gagal Panen

dibaca 1,078 kali
Share This
Tags

padiRADIO LOMBOK FM – Musim kemarau berkepanjangan dan menurunnya debit air di Desa Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, mengakibatkan puluhan hektar tanaman padi dan jagung gagal panen.

Kegagalan panen itu terjadi dibeberapa subak di Desa Bayan, diantaranya Batu Jompang, Kebon Seler, Koaq Sabang dan Telaga Segoar. Selain itu beberapa sumber mata air juga mulai mengering seperti sumber mata air lokoq Bual Desa Bayan.

Beberapa petani yang ditemui Lombok FM mengaku, kegagalan panen ini bukan semata-mata disebabkan karena menurunnya debit air, namun juga pembagian air yang dilakukan petugas P3A yang tidak merata.

“Air irigasi lebih banyak diarahkan ketempat demplot atau percontohan yang dilakukan Kementerian Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian NTB”, ungkap puluhan petani Desa Bayan, yang ditemui 28 September 2015.

Amaq Mif, salah seorang petani di Kebon Seler yang seratus persen gagal panen padi mengatakan, sejak menanam padi pada bulan Juli lalu, hingga saat ini tidak pernah mendat air. Dampaknya semua tanaman padinya kering dan mengalami kerugian sekitar Rp. Juta lebih.

Hal senada juga diungkapkan Raden Jawan. Dampak dari kemarau panjang dan pembagian air secara tidak merata ini dirinya juga mengalami gagal panen. “Kalau saya lihat airnya lebih diarahkan ke tanaman padi demplot yang dilakukan pemerintah, sementara puluhan petani tidak mendapatkan air sehingga tanaman padi dan jagung mengering”, jelasnya.

Sementara pemerintah yang dalam hal ini Dinas Pertanian KLU belum mengambil langkah-langkah nyata untuk membantu masyarakat yang gagal panen. “Hingga saat ini belum pernah dinas pertanian turun ke lapangan untuk melihat kondisi para petani yang gagal panen”, tandas Jawan. 004| 014|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah