Published On: Fri, Jun 17th, 2016

Puasa Bentuk Kepribadian Manusia

dibaca 493 kali
Share This
Tags

safRADIO LOMBOK FM, Lombok Barat – Peringatan Nuzulul Quran lingkup PDAM Giri Menang berlangsung Rabu malam (15/6/2016) di Golden Tulip Hotel Mataram. Tausyiah ramadhan disampaikan TGH. Dr. Zaini Abdat, salah seorang Dosen pengajar pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mataram.

Menurut Zaini Abdat, sesungguhnya kepribadian banyak diajarkan pada bulan puasa. Jika kepribadian manusia itu baik, maka Insya Alloh segala aktivitas kegiatan itu juga akan menjadi lebih baik. Tapi ketika kepribadian seseorang itu sudah tak berimbang, maka akan sangat sulit menentukan mana yang baik dan mana yang buruk.

Ditambahkan, inilah salah satu pelajaran dalam bulan suci ramadhan. Puasa melatih kepribadian kita menjadi atau mengarah ke hal-hal yang baik dan kemudian mencegah pada hal-hal yang kurang baik.

“Karena itu dalam bulan ramadhan ini banyak kita dianjurkan untuk banyak bersedekah, perbanyak baca Alquran, menegakkan ibadah-ibadah yang sunnah dan mencegah hal-hal yang mungkar,” ungkapnya.

Zaini Abdat mengajak karyawan PDAM untuk tetap berdoa dan berharap agar kita menjadi orang-orang yang bersyukur terlebih pada bulan Ramadan dengan menggunakan rejeki yang diberikan Alloh untuk ketaatan kita pada Alloh SWT.

Dan bisa digunakan bagi kemaslahatan umat. Kesehatan usia dimanfaatkan untukberibadah kepada Alloh. “Kalau kita tak pandai bersyukur seperti rezki berupa limpahan air yang diberikan Alloh kepada kita maka tinggal menunggu azab dari Alloh SWT,” ungkapnya.

Tuan Guru juga mengisyaratkan agar masyarakat bisa memanfaatkan air dengan sehemat mungkin tidak menggunakannya secara berlebihan dan sia-sia. Perilaku seperti itu bagian dari sifat manusia yang tak pandai mensyukuri nikmat Alloh.

“Karena itu di bulan yang penuh berkah ini kami mengajak kita semua untuk pandai bersyukur atas karunia yang diberikan Alloh kepada kita semua,” ajak Zaini Abdat. |007|007|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah