Published On: Thu, Sep 3rd, 2015

PU-ESDM Sambut Baik Wacana Sumur Bor Masuk Desa

dibaca 775 kali
Share This
Tags

ooRADIO LOMBOK FM – Wacana pengentasan masalah kekeringan dengan membangun sumur bor diwilayah-wilayah yang rentan kekeringan disambut baik pihak PU-ESDM Lombok Tengah. Namun saat ini, belum ada anggaran untuk mewujudkan program tersebut. Demikian disampaikan Kepala Dinas PU-ESDM Lombok Tengah, HL.Rasydi ,ST pada Rabu (2/9/2015) kemarin.

Saat ini lanjuyt Rasydi, ada sejumlah desa yang telah membiayai pembangunan sumur bor tersebut didesanya. Antara lain Desa Pengembur yang programkan sumur bor tersebut. Untuk membangun sumur bor disetaip desa sangat mungkin untuk dilakukan, mengingat sumur bor tersebut dijamin akan mampu mengalirkan air sesuai dengan kebutuhan.

Selain bisa untuk kebutuhan rumah tangga jelas HL.Rasydi, sumur bor bisa juga digunakan sebagai sumber air irigasi pertanian. Hal itu juga sudah dilakukan diusejumlah desa yang ternyata berhasil mengairi swah menggunkan sumur bor tersebut.”Untuk minum saja, air dari sumur bor ini tidak perlu dimasak, sangat jernih dan bhakan sangat bisa untuk mengairi sawah untuk kebutuhan pertanian lainya,”jelasnya.

Hanya saja untuk menbuat satu sumur bor cukup mahal tandas Rasydi. Dengan kedlaman hingga 100-125 meter, biayanya bisa mencapai ratusan juta. Hal itu belum lagi ditambah biaya tak terduga saat pengeboran dalam membangun sumur bor seperti adanya karang dibawah tanah yang harus dilalui untuk mencari titik sumber air.”Biayanya cukup mahal, namun dijamin bisa memecahkan masalah kekeringan. Ditahun 2016 kalau memang ini dibutuhkan bisa kami rencanakan,”pungkasnya.|001|0109

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah