Published On: Wed, May 18th, 2016

PT.Angkasa Pura I LIA Akan Bangun Sirkuit Motocross Internasional

dibaca 987 kali
Share This
Tags
triRADIO LOMBOK FM, Lombok Tengah – Selain sebagai salah satu infrastruktur penting dalam transportasi menuju NTB, Lombok International Airport (LIA) juga berperan aktif memajukan dunia pariwisata di Lombok Tengah. Salah satunya dengan membuat Sirkuit Balap Motor di dalam area LIA tersebut. Demikian disampaikan General Manager (GM) LIA, I Gusti Ngurah Ardita, pada acara Diskusi Rutin Bale Bajang DPD KNPI Lombok Tengah kamis lalu.
Pada kesempatan tersebut, I Gusti Ngurah Ardita menyampaikan, untuk mendukung ketertarikan touris ke Lombok Tengah, pihaknya juga tidak tinggal diam. Paling tidak mempromosikan seluruh potensi wisata yang ada di Lombok dan NTB pada umumnya.”Karena bagaimanapun, bila banyak orang yang berdatangan dan terbang ke Lombok, itu keuntungan juga bagi kami,”Katanya. Untuk promo tersebut lanjut GM LIA asal Bali ini, disetiap sudut strategis LIA, dipasangui berbagai macam sepanduk dan pamplet-pamplet dan papan promosi tentang hampir semua potensi wisata di Lombok dan NTB pada umunya. Selain itu, berbagai produk kerajianan khas Lombok juga dipajang.”Salah satu yang bisa dilihat seperti patung peresean yang ada persis dipintu masuk terminal Lia,”Imbuhnya.
Berbagai macam fasilitas yang ada di LIA lanjut GM, juga perlu ditingkatkan. Mulai dari mendorong direalisasikanya perpanjangan landasan pacu LIA sesuai yang sudah dijanjikan oleh presiden. Hal itu untuk menarik minat maskapai dengan armada pesawat besar bisa masuk ke NTB.”Kedepan itu menjadi harapan sehingga pesawat-pesawat besar bisa langsung landing di LIA. Kalau sudah begitu maka diharapkan akan semakin banyak tourism yang akan datang ke NTB,”Jelasnya. Dan satu lagi rencana yang akan segera direalisasikan PT.Angkasa Pura I LIA, yakni pembangun arena balap motor di depan terminal LIA atau tepatnya disekitar area parkir dilahan kosong yang saat ini tampak seperti semak-semak.
Dilokasi itulah nantinya akan dibangun Sirkuit Balap Motor tersebut, dimana pembangunya akan dimulai dengan proses perencanaan pada bulan juni nanti.”Nanti dari pihak designer aklan datang melihat langsung lokasi,”Ungkapnya. Arena Balap Motor itu nantinya, dirancang agar bisa diikuti oleh pembalap kelas nasional bahkan international. Dengan demikian, LIA bisa lebih dikenal lagi didunia international sehingga bisa memicu lebih banyak lagi warga dunia yang tertarik untuk datang ke Lombok. Terlebih lagi didukung oleh potensi wisata yang dimiliki Lombok Tengah.”Semua saling mendungkung, semoga saja pembangunan sircuit balap motor ini nantinya bisa mendongkrak kunjungan ke Lombok,”Harapnya. PT Angkasa Pura I LIA lanjut I Gusti Ngurah Ardita, melakukan kerja sama pemanfaatan lahan bandara dengan Ikatan Motor Indonesia Nusa Tenggara Barat (IMI NTB) dan Universitas Mataram (Unram).
Dari total luas areal LIA yang mencapai 551 hektare tersebut, hampir setengahnya masih belum digunakan. Penyediaan sirkuit motocross bertaraf internasional dan taman bunga tersebut digagas GM LIA I Gusti Ngurah Ardita untuk mendukung ketersediaan fasilitas wisata NTB dan memanfaatkan lahan milik LIA. “Sekitar 45 persen bisa digunakan untuk sirkuit dan botanical garden,” ujarnya. Untuk lahan sirkuit disiapkan di sebelah timur pintu masuk LIA dan sebaliknya botanical garden di sebelah barat. “Lokasi di sini ini strategis. Wisatawan bisa singgah sewaktu baru datang atau sebelum berangkat pulang ke daerahnya,” ucapnya. Saat ini sudah ada kawasan hotel di seberang lokasi bandara dan diharapkan meningkat menjadi kawasan kuliner di sekitarnya.
Di LIA, pergerakan penumpang setiap harinya mencapai 2.700 orang dan 70 penerbangan. Peningkatannya relatif tinggi. Sewaktu libur Natal dan tahun baru mencapai 28 persen. “Lombok itu sebagai destinasi pariwisata bagus,” katanya. Ketua IMI NTB M. Nur Haedin mengatakan segera menyiapkan desain sirkuit motocross bertaraf internasional. “Sebagai magnet wisatawan,” ujarnya. “Pertama kali dilakukan, bandara milik BUMN ini untuk fasilitas olahraga.” Pungkasnya. |001|008|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah