Published On: Fri, Feb 12th, 2016

prosesi ritual adat Menjojo

dibaca 814 kali
Share This
Tags

62LOMBOK UTARA,lombokfm.com – Prosesi Menjojo merupakan prosesi ritual adat yang dilaksanakan oleh komunitas Masyarakat Adat Karang Bajo untuk mengunjungi gedeng daya ( Hutan Bangket Bayan Desa Bayan ) dan gedeng lauk ( Hutan Montong Gedeng Desa Loloan ), hanya dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahun sekali bertujuan untuk memohon Kesuburan dan keselamatan Kepala Tuhan Yang Maha Kuasa tentang metu telu / 3 yaitu tiok, mentelok dan menganak prose situ akan dilaksanakan hari Juma’at –sabtu tanggal 12-13 Februari 2016.

Hari Jum’at (Taek Daya)Taek Daya merupakan prosesi mengunjungi Gedeng Daya yang letaknya di Pawang Bangket Bayan Desa Bayan untuk melaksanakan Matur (do’a) supaya alam semesta dalam keadaan yang baik. Proses ini dimulai dari Kampu Karang Bajo dengan membawa perlengkapan yang berupa sirih, pinang, kapur dan air untuk mencuci siirih yang digunakan sebagai media dalam berdo’a di Gedeng Daya. Pranata yang ikut dalam Prosesi Menjojo ke Gedeng Daya yaitu dari keturunan Pande, Walin Gumi, Singgan Dalem dan Pembekel.

Pande yang bertugas dalam memimpin perjalanan serta yang Matur di Gedeng Daya. Sedangkan cara berpakaian yaitu memakai Sapuk, kain batik yang panjang dan memakai dodot rejasa ( tidak memakai baju apalagi sandal ).

Hari Sabtu (Taek Lauk) Taek Lauk ini juga merupakan prosesi untuk Matur (do’a) di Gedeng Lauk yang letaknya di Desa Loloan sebelah pesisir laut jawa. Tetapi pada Prosesi Taek Lauk yang terdepan adalah dari Walin Gumi dan dibelakangnya Pande, Amaq Lokaq Singgan Dalem dan Pembekel. Dalam Proses ini juga harus mampir di Pedangan untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum naik ke Gedeng, tetapi yang membedakan pada saat naiik ke Gedeng Lauk adalah tanpa menggunakan sapuq (ikat kepala), hal ini dilakukan karena di Gedeng Lauk diyakini oleh Masyarakat Adat sebagai kawasan Perumbak Lauk yang sabagai pranata perempuan.

Harapan Pemusungan Karang Bajo agar Ritual Adat menjojo atau Taek lauk dan taek daya dapat dilaksanakan untuk keselamatan yang memenuhi isi bumi yaitu metu telu ( 3 ) yaitu tiok ( tumbuh-tumbuhan ), mentelok ( hewan yg bertelur ) dan menganak ( semua jenis hewan atau manusia yang melahirkan).|004|001

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah