Published On: Mon, Oct 26th, 2015

Produksi Kain Tenun Karang Bajo Dilakukan Secara Tradisional

dibaca 1,165 kali
Share This
Tags

Pembuat kain tenun secara tradisionalLOMBOK UTARA, lombokfm.com – Salah satu aktivitas warga Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan adalah memproduksi kain tenun secara tradisional. Jenis kain tenun yang diproduksi antara lain:

Londong Abang yaitu kain tenun dengan warna dasar merah muda dengan ornament garis berwarna hitam dan kuning.

Kereng Pisak adalah kain tenun yang dibuat dengan bahan dasar bernang berwarna putih dengan ornament hiasan berupa garis lurus yang dibuat dari benang berwarna putih keabu-abuan.

Rejasa yaitu kain panjang yang ditenun khusus untuk para Kiyai dengan warna dasar merah kecoklat-coklatan dengan ornament garis berwarna putih abu-abu.

Sapuk yaitu kain berwarna putih dan kain yang dibuat dengan berbagai bentuk ornament hiasa batik khas Lombok. Sementara Jong yaitu kain tenun yang dibuat berupa sebuah topi panjang.

Sampur Rujak Belimbing yaitu kain tenun berupa selendang yang terbuat dari bahan benang dengan warna dasar kuning dengan ornament garis hias berwarna merah muda, ping dan merah kecoklat-coklatan, dan beberapa jenis lainnya.

Selain untuk dijual kepada warga sekitar, para penenun ini juga membuat tenun Bayan untuk tujuan komersil, dimana tenun buatan mereka dijual kepada warga setempat dan kepada wisatawan asing yang berwisata di daerah mereka.

Hanya saja, kelompok penenun ini memerlukan perhatian dan keperdulian pemerintah untuk memberdayakan mereka sehingga kedepannya mereka dapat mengembangkan skil menenun sebagai salah satu usaha kreatif yang berdaya saing, baik ditingkat lokal, nasional dan internasional. |004|114

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah