Published On: Thu, May 12th, 2016

Praperadilan Kades Lekor Ditolak PN praya

dibaca 973 kali
Share This
Tags

kejariRADIO LOMBOK FM, Lombok Tengah. Ajukan pra-pradilan oleh kades Lekor, di PN Praya kades Lekor tidak dilanjutkan hal itu disampaikan Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Praya, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Andrew Dwi Subianto menyatakan, hasil putusan pengajuan permohonan praperadilan yang dilakukan Kepala Desa Lekor Kecamatan Janapria, Anwar Haris, ditolak oleh Pengadilan Negeri (PN) Praya. “Hasil praperadilan sudah dibacakan hakim PN kemarin. Hasilnya ditolak,” pungkasnya.

Kasi intel menegaskan , kenapa proses hukum Kepala Desa Lekor sangat lama, karena pihaknya mengantisipasi praperadilan seperti ini. Namun didukung dengan bukti yang kuat, dari awal pihaknya sudah optimis akan menang.

Terbukti sekarang, pihaknya menang dalam persidagan praperadilan ini. “Bukti-bukti sudah saya pegang, tetapi sah-saja dia mengajukan praperadilan,” ucapnya 12/05. Ia mengaku, pemohon menjalani praperadilan, alasannya karena tidak terima dengan penetapan dirinya menjadi tersangka dan soal penahanannya.

Tetapi pihaknya tidak merasa takut, sebab pihaknya sudah memiliki alat bukti yang cukup. Mulai dari saksi-saksi, bukti tertulis serta dokumen atas hasil audit yang telah dilakukan. “Kami sudah memeriksa sebanyak 59 orang saksi. Belum lagi dokumen yang dimiliki sebanyak 28 dokumen. Jadi, atas semua itu sudah menguatkan,” tegasnya.

Untuk itu, dengan dilandasi aturan atau prosedur yang telah dilakukan yang sesuai hukum dan UU. Tidak ada alasan pihaknya tidak menang. Apalagi, dasar hukumnya sudah jelas. “Tidak ada alasan kami tidak menang proses praperadilan tersebut,” tuturnya.

Ia menyatakan, proses prapedilan dilaksanakan dalam jangka tujuh hari kerja, yang dimana, persidangan praperadilan dimulai, dengan agendanya tanggapan pemohon atas jawaban yang telah diberikan, pengajuan bukti-bukti, surat-surat dan saksi, kesimpulan, putusan.

Sementara itu, Kepala Kejari Praya, Fery Mufahir menyatakan, silahkan saja, pemohon mengajukan praperadilan. Tetapi pihaknya tidak akan menetapkan tersangka dalam salah satu kasus kalau tidak disertai dengan bukti yang kuat, dan sesuai aturan. “Kalau kami tidak akan mempermasalahkannya,” ungkapnya. |003|010|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah