Published On: Fri, Jun 24th, 2016

Polres Lombok Tengah Gagalkan Pengiriman TKW Ilegal Asal Dompu

dibaca 721 kali
Share This
Tags

tkRADIO LOMBOK FM, Lombok Tengah – Jajaran Reserse Polres Lombok Tengah menggagalkan pengiriman tenaga kerja wanita (TKW) ilegal asal Kabupaten Dompu NTB di Lombok Internasional Airport (LIA) 21/06/2016. Rencananya, kedua TKW ilegal yang diketahui inisial, SN 26 tahun asal Dompu dan N 25 tahun asal Dompu ini akan diberangkatkan di Malaysia.

“Kami amankan mereka, dipintu keberangkatan sebelah barat lobby terminal LIA karena tidak bisa menunjukkan dokumen resminya,” tegas Kasat Reskrim Polres Lombok Tengah, AKP Arjuna Wijaya, kemarin di ruang kerjanya.

Ia menyatakan, sebelum diamankan kedua orang calon TKW ilegal ini diantar ke LIA oleh, inisil JA yang mengaku sebagai karyawan salah satu travel yang menyiapkan tiket penerbangan menggunakan pesawat Lion Air JT 177 rute Lombok – Surabaya dan melanjutkan perjalanan dengan tujuan ke Batam dan langsung ke Malaysia.

“Tetapi setelah diperiksa oleh petugas teryata dua orang tersebut ilegal. Sehingga lansgung diamankan,” ungkapnya. Ia mengungkapkan, untuk dua TKW sekarang sedang menjalani pemeriksaan di Polres Lombok Tengah. “Kita sekarang sudah berkoordinasi dengan Polda NTB untuk menindak lanjutinya,” terangnya.

Sementara itu, menurut pengakuan SN menyatakan, dirinya mau bekerja karena ditawari pekerjaan menjadi Tenaga Kerja ke Luar Negeri yakni ke Kuala Lumpur Malaysia oleh inisial Z warga setempat, serta dengan di iming imingi gaji sebesar Rp 4 juta, tiket keberangkatan di tanggung langsung oleh dia dan juga diberikan uang Saku sebesar Rp 2,5 juta.

Oleh karena itu, ia tergiur, akhirnya menyetujui tawarannya. Sehingga pada tanggal 20 juni, ia berdua berangkat dari Dompu ke Sumbawa dengan menggunakan mobil pribadi milik pelaku.

Setiba di Sumbawa, ia berdua diperintahkan untuk berangkat ke Lombok dengan menggunakan Bus Damri. Setelah menempuh perjalanan panjang, mereka tiba di terminal Sweta Mataram, mereka dijemput oleh inisial JA yang mengaku sebagai karyawan Travel yang akan mengantarnya ke LIA untuk penerbangan.

Tetapi tibanya di LIA petugas langsung memeriksanya dan diminta menunjukkan dokumennnya. Namun tidak ada. Makanya mereka langsung dibawa bawa ke Pospol LIA untuk di interogasi karena diduga keberangkatannya ke luar Negeri secara ilegal.

“Kita tidak tahu, kita hanya mengikuti perintah dari pelaku saja,” ucapnya. Hal senada disampaikan, korban inisilal N, dirinya menerima karena ditawarkan pekerjaan serta gaji yang sama oleh pelaku. Sehingga tergiur kata-katanya, dirinya menyetujui dan menerima untuk berangkat.

“Kita tidak tahu kalau ini penipuan,” terangnya. Selain itu, JA 33 tahun asal Mataram tidak mengetahuinya, dia hanya melayani pelanggan yang membeli tiket.

Ia mengaku,menjemput dua orang ini karena pada pada hari Senin 20/06/2016 sekitar pukul 15.00 wita, ia menerima telepon dari pelaku dan mengatakan pada dirinya, “carikan tiket untuk dua orang menuju ke Surabaya, nanti malam orangnya jalan dari Sumbawa biar dijemput sekalian dan antarkan ke LIA.

Sehingga ia langsung menjawabnya “oke bu”. Kemudian, pada hari Selasa 21/06/2016 sekitar pukul 05.00 wita ia dihubungi oleh korban yang dipesankan tiket oleh pelaku tersebut, untuk memberitahukan bahwa mereka telah tiba di terminal Sweta Mataram, dan ia langsung menjemputnya dan membawa mereka ke LIA.

Setelah mengantarkan kedua korban tersebut, ia langsung pulang ke rumah. Jarak beberapa menit kembali ia dihubungi bahwa kedua orang yang diantar itu sudah diamankan dan tidak diberangkatkan karena tidak mempunyai dokumen resmi.

Mendengar kabar itu, ia langsung menyusul mereka ke LIA menuju Pospol untuk bertemu dengan kedua orang tersebut, dan mereka diminta untuk menghubungi pelaku namun tidak bisa dihubungi.

“Kalau untuk pembayaran tiket sudah ditransfer melalui bank BRI” tegasnya. Dan perlu di dalami peran masing-masing pelaku tersebut.

Dengan maraknya pemberangkatan warga di minta waspada dengan semua jenis pengiriman TKI yang bermodus gratis. |003|15|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah