Published On: Mon, Feb 1st, 2016

Pohon Purbakala Jadi Obyek Wisata Alternatif

dibaca 1,430 kali
Share This
Tags

55LOMBOK TIMUR,lombokfm.com – Hutan pohon purbakala merupakan hutan pepohonan unik dan tidak dapat ditemukan di tempat lain. Hutan ini berada di dusun Menanga baris Desa Gunung Malang Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Masyarakat setempat menyebutnya dengan pohon Lian.

Dikatakan Rusli salah seorang pengunjung pada lombok fm sabtu 30/1/2016 mengatakan “pepohonan ini jarang kita temukan kelihatanya unik dan warga setempat menyebutnya dengan nama Pohon Lian” paparnya.

Hutan tersebut mulai diburu para wisatawan baik lokal maupun manca negara. Sebelumnya lokasi hutan ini hanya dianggap hutan rimba. Namun belakangan ini pemilik lahan hutan memanfaatkanya dengan membukanya sebagai tempat persinggahan sekaligus sebagai obyek wisata alternatif.

Jika pengunjung ingin berlibur ke wisata bahari Gili Lampu tentu bisa singgah menapangi lokasi hutan purbakala. Selain itu pengujung juga bisa menikmati desahan angin laut. Tepat didepan hutan pohon purbakala yang disebut dengan pantai Pidana Lombok Timur.

Pepohonan yang tumbuh di area ini tentu memiliki nilai sejarah. Batangnya tinggi mencapai 50 meter, dengan luas diameter mencapai 5 meter atau lebih. Kanopi Lian tidak cukup teduh karena ukuran daunnya yang kecil-kecil dan jarang.

Menurut keterangan masyarakat sekitar tidak ada yang tahu persis bagaimana pohon-pohon Lian ini bisa berada di daerah tersebut. NamunAmaq Ardi salah seorang warga menjelaskan “Cerita yang beredar dan turun temurun pepohonan tersebut ditanam sejak jaman pemerintahan Hindia Belanda, yang artinya usia pohon tersebut sudah ratusan tahun” jelasnya. /006/21/

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah