Published On: Tue, Dec 29th, 2015

PNPM Focus ke Kawasan Pemukiman Kumuh

dibaca 467 kali
Share This
Tags

LOMBOK TIMUR, Lombokfm.com – Tim leader Perogram Peningkatan Kawasan Kumuh Pemukiman (P2KKP) Provinsi NTB, Ali Hanapiah mengatakan, PNPM perkotaan yang sebelumnya fokus pada penanganan kemiskinan, selanjutnya akan menangani kawasan pemukiman kawasan kumuh.

Hal tersebut dikemukakan, kepada awak media saat jumpa pers, Selasa 29/12/2015 di rumah makan Rindang Rasa Sawing Lotim. “Kita konsen pada penangan pemukiman, karena itu tidak terlepas dari visi misi pemerintah”, katanya.

Ia menjelaskan, ada beberapa kategori yang dikatakan pemukiman itu kumuh, salah satunya kalau rumah besar namun gang yang dimiliki sempit itu termasuk, atau tidak memiliki air, dan bisa membahayakan nyawa.

“Kita memilih di kota karena itu sudah programnya. Meski di kota, namun banyak ditemukan pemukiman kumuh. Kalau di desa rumah kecil tapi gangnya besar itu tidak masalah. Tapi kalau di kota rumahnya besar dan gangnya sempit,  sehingga kebakaran,  itu akan mempersulit untuk menyelamatkan diri bahkan pemadam juga susah masuk”, jelasnya.

Untuk pemetaan kawasan tersebut ada 67 desa/kelurahan di 6 kecamatan di Daerah Lotim yang di jadikan pilot project. Dengan pemetaan itu nantinya berfungsi sebagai pendeteksi, dan sebagai laporan sehingga dengan mudah terkaper.

” Karena itulah, kita lakukan workshop data baseline 100 – 0 -100, guna untuk menempatkan posisi yang benar, sehingga tidak ada jalan sendiri-sendiri dan laporanpun akan benar sistemnya. Seperti pernah dulu, ketika kita di tanya laporan ahir tahun kita tidak tau jumlah yang terselsaikan”, tutur Ali.

Terkait anggaran, menurut Ali Hapiah,  yaitu ada dari APBD dan ADD, dimana untuk tahun 2015 anggarannya sebesar Rp 9 Milyar, sedangkan untuk tahun 2016 dananya masih belum di ketahui secara pasti.

Kemudian dengan sistem kolaborasi yang nantinya akan diperuntukan ke desa, namun tidak akan di paksakan untuk shering, apakah pihak desa nantinya akan mengeluarkan uang atau tidak. ” Shering itu tidak memaksa, namun kalau orang yang benar-benar berkepentingan bersama untuk membangun demi kebaikan rakyat, ia silakan saja shering, gak juga tidak masalah”, paparnya.

Harapannya dengan ada baseline ini, akan mampu mendeteksi lebih cepat dari perencanaan “semoga semuanya berjalan dengan baik dan sesuai harapan pastinya, demi masyarakat banyak”, harapnya. 007/033

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah