Published On: Fri, Oct 30th, 2015

PMII Gelar Seminar Tangkal Radikal

dibaca 1,285 kali

PMII Gelar Seminar Tangkal RadikalLOMBOK TIMUR. Lombokfm.com_Upaya meningkatkan peranan pemuda dan mahasiswa menangkal paham radikal agama, pergerakan mahasiswa islam Indonesia (PMII) cabang Lombok timur gelar seminar refleksi hari sumpah pemuda di aula Pondok Bambu Sekarteja Selong Lombok Timur Kamis 29/10/2015.

Ketua Panitia seminar Muhyi mengatakan “kegiatan ini diupayakan untuk memberikan pemahaman terhadap kaum muda dalam menangkal paham radikalisme” ujarnya saat ditemui Lombok fm.

Acara tersebut menghadirkan narasumber ketua KNPI Kabuapten Lombok Timur, Kepala Bangkesbangpol, DPRD Kabuapten Lombok Timur untuk ikut memberikan materi dalam pembahasan tersebut.

Ketua Cab PMII Lombok Timur M. Alwi mengatakan, agama seringkali dikaitkan dengan pihak radikalisme khususnya pemuda yang saat ini mudah ikut terjerumus dalam hal tersebut, oleh karena itu dengan seminar tersebut, ia mengharapkan agar pemuda dan mahasiswa dapat memberikan peran aktif dalam mengurangi radikalisme, serta mengetahui bentuk agama yang tidak terkontradinasi dalam radikal tersebut.

“Tujuan seminar ini karena kita ketahui banyak sekali pemuda yang masih belum mengerti tentang akan adanya radikalisme, yang saat ini membuming dapat dicontohkan ISIS. ISIS saat ini masih menghantui kita khususnya yang masih berumur produktif, oleh karena itu kita takut jika rekan rekan kita masih belum mengetahui ajaran agama yang radikalisme atau bukan radikalisme,”Jelasnya.

Di dalam materi dR. Akmal ketua KNPI Lombok Timur menjelaskan, pada dasarnya pendidikan yang ada di Indonesia sebenarnya sudah mencukupi untuk mencegah masuknya paham-paham radikalisme. Namun dalam perkembangannya, paham radikal mempunyai metode yang ampuh dalam menjaring pengikut salah satunya melalui solidaritas.

Solidaritas, menurut Akamal, muncul karena adanya ikatan seperti ikatan kekeluargaan, ikatan kesukuan dan yang paling sensitif adalah ikatan keagamaan. |006|049

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah