Published On: Sun, May 15th, 2016

Petani Wilayah Selatan Minta Ganti Rugi ke Dinas PU

dibaca 374 kali
Share This
Tags

low

RADIO LOMBOK FM, LOMBOK TIMUR – Kamis 13/5/2016 Para petani dari empat kecamatan di wilayah Selatan Kabupaten lombok Timur, ajukan tuntutan ke Dinas Pekerjaan Umum ( PU) Pemerintahan Kabupaten Lombok Timur.

Kedatangan mereka ke Dinas Pekerjaan Umum ( PU), guna menuntut pertanggung jawaban dari dinas tersebut menyikapi masalah gagal panen di empat kecamatan, Sakra Timur, Sakra Barat, Keruak dan Jerowaru. Mereka pun menuntut dinas itu untuk segera menanggulangi dan memberikan ganti rugi ke petani dikarenakan tanamannya mati akibat bencana kekeringan ini. Para petani dari empat kecamatan itu datang mewakili keluhan petani lainya.

Setibanya di kantor Dinas Pekerjaan Umum ( PU), mereka langsung menuju ruang Kabid Pengairan. Mereka pun kemudian diterima langsung Kabid Pengairan dan stafnya. Masrul Wahab, yang mendapingi petani, menyampikan kalau Dinas Pekerjaan Umum (PU) harus bertindak dan terlibat untuk menyelesaikan persoalan persoalan kekeringan yang dialami petani diwilayah selatan. Itu bisa tanggulangi dengan cara memberikan ganti rugi bagi petani yang mengalami gagal panen.

Hal itu ia sampaikan sebagai bentuk prihatin dengan nasip petani, dikarenakan sampai masalah tersebut sampai saat ini belum ada penyelesaiannya. ” Dinas Pekerjaan Umum ( PU) sebaiknya turun langsung mengecek, agar mengetahui kondisi tanaman petani yang gagal panen” pintanya. Ia menilai, terkait tumpang tindih data antara PU dengan Pertanian. Dua SKPD selama ini, datanya sering kali tidak sama terkait persoalan kekeringan. Untuk mereka pun disarankan agar melakukan koordinasi agar data yang mereka miliki sesuai dengan kondisi yang dialami petani. ” Ini yang kami khawatirkan, data Dinas Pekerjaan Umum ( PU) dan Pertanian selalu beda” sesalnya. Menanggapi tuntutan itu, Kabid Pengairan Dinas Pekerjaan Umum ( PU), Nurul Saadah mengaku, soal ganti rugi, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan dinas terkait, seperti BPBD. Namun untuk kepastianya, mereka belum tau pasti. Soalnya masalah ganti rugi sama sekali bukan tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum ( PU). Karena Dinas Pekerjaan Umum ( PU) sendiri, hanya menagani terkait persoalan fisik. ” Kalau kemungkinan ganti rugi itu ada, kemungkinan itu akan diberikan Pemda” jelasnya. (002)(026)

BSM1111

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah