Published On: Mon, Mar 20th, 2017

Petani Resah, Harga Kakau Anjlok

dibaca 316 kali
Share This
Tags

aaRADIO LOMBOK FM, KLU – Hampir 2 bulan terakhir petani kakau Lombok Utara mengeluh, karena harga kakau merosot tajam hingga 15 ribu per kilo gram. Hal ini di keluhkan oleh salah seorang petani Syaoki, biasanya dalam satu minggu ia bisa mengumpulkan biji kakao kering sekitar 50 kilo gram dengan harga 25 ribu rupiah.

Sedangkan untuk saat ini, ia hanya mampu mengumpulkan 25 kilo gram dalam satu minggu dengan harga 15 ribu rupiah. Itu artinya ia hanya bisa mengumpulkan uang perminggu hanya 300 ribu rupiah dalam satu minggu. Hal ini terjadi disebabkan oleh faktor alam. Hujan yang terlampau sering, sehingga berakibat pada menurunnya kualitas kakau.

“Saat musim hujan seperti ini kulitnya hitam, bijinya pun hitam, biasanya buah kakao itu bijinya bagus mudah di pisahkan dari kulitnya”, kata Syaoki (18/03/2017).

Ia berharap kondisi cuaca segera membaik, supaya harga juga ikut membaik. Pemerintah juga diharapka untuk bisa memberikan bantuan obat-obatan pertanian, dan pemerintah terkait bisa memberikan penyuluhan mengenai penanganan kakau pada saat musim hujan. |006|019|.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah