Published On: Fri, Oct 9th, 2015

Petani Kaki Gunung Rinjani Panen Tembakau Rajang

dibaca 1,224 kali
Share This
Tags

tembakauRADIO LOMBOK FM_Petani kawasan Kaki Gunung Rinjani tepatnya di Kabupaten Lombok Timur bagian utara Kecamatan, Peringga Baya dan Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur NTB. Kali ini menyambut musim panen tembakau rajang dengan gegap gempita layaknya tahun-tahun yang lalu.

Pantauan Lombok fm, suasana pedesaan terlihat semarak dengan geliat petani yang tiap hari mengurus tanaman tembakau dan juga para buruh mengayunkan langkah setelah selesai sholat subuh menuju lahan perkebunan tembakau.

Sementara para buruh tukang Rajang tembakau riuh gempita pada malam harinya memuntal lembaran daun tembakau untuk dirajang, Para tetanggapun ikut serta menyaksikan kegiatan rajangan, sesekali membantu merapihkan uratan tembakau pada wadah yang disebut kelabang.

Musim tembakau selalu saja punya arti lebih bagi para penduduk setempat. Bukan hanya petani dan para buruh-buruh yang memang terlibat langsung dengan komoditas ini, namun para pedagang di pasar pun selalu mengharapkan kesuksesan dari musim panen ini karena akan berdampak baik buat dagangannya.

Haesum salah seorang pedagang tembakau Rajang mengatakan “para petani, buruh dan kami sebagai saundagar juga mendapatkan penghasilan yang lebih dari pertanian tembakau rakyat ini” ujarnya saat ditemui lombok fm di pasar jineng kecamatan Wanasaba, jumat 9/10/2015.

Dan musim tembakau 2015 ini,petani mengharapkan hasil seperti tahun yang lalu dimana petani itu sendiri berkuasa pada setiap harga yang mereka tentukan untuk hasil panennya. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, mereka harus pasrah pada harga yang ditentukan oleh para tauke/juragan pemilik gudang penampungan, karena hasil panennya yang tidak bagus. |006|006|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah