Published On: Fri, Jul 15th, 2016

Pesona Rinjani Pikat Pendaki

dibaca 554 kali
Share This
Tags

mustaanRADIO LOMBOK FM, Lombok Timur – Menikmati hari libur panjang lebaran dan pelajar. Tampaknya dimanfaatkan untuk menikmati keindahan pariwisata Lombok Timur. Saat libur panjang tahun ini, jumlah wisatawan yang mendaki Gunung Rinjani mengalami peningkatan, peningakatan itu didominasi oleh wisatawan lokal . “Untuk tahun ini, pendaki didominasi wisatawan lokal”ucapnya Kepala TNGR Sembalun  Mustaan kepada RADIO LOMBOK FM, Kamis, (14/07/2016).

Mustaan menyebutkan, peningkatan pendakian rinjani terjadi pada H+1 sampai H+4 lebaran, pada H+1 lebaran kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara mencapai 600 orang pendaki perhari, pada hari H+2 mencapai 900 orang dan H+3 sampai H+4 mencapai, 1.200 orang pendaki perharinya. “Jumlah itulah yang terdata,”sebutnya.

Sementara, untuk tingkat kunjungan atau pendakian wisatawan mancanegara, dia menyebut jika jumlahnya peningkatannya tidak terlalu signifikan. Pasalnya, untuk hari normal berkisar antara 200 orang, sementara di hari libur atau dihari-hari tertentu mencapai 300-400 orang pendaki perhari. “Kalau wisatawan asing bisa kita katakan normal karena peningkatan tidak terlalu signifikan,”ucapnya kembali.

Untuk tarif pendakian sendiri, wisatawan lokal sebesar, Rp. 5.000 perhari, sedangkan untuk Wisman Rp. 150 ribu per pendakian atau per trip. “Seharusnya untuk Wisman Rp.150 ribu per hari. Tapi sampai saat ini belum bisa diterapkan,”jelasnya.|002|015|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah