Published On: Mon, May 9th, 2016

PESONA KEASRIAN WISATA ABANGAN

dibaca 1,183 kali
Share This
Tags

A

RADIO LOMBOK FM – LOMBOK TENGAH “Abangan” sebuah destinasi wisata lokal yang ada di dusun Motong Bangle desa Pengenjek Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Destinasi wisata ini merupakan destinasi wisata pemandian yang banyak dikunjungi oleh masyarakat dan warga sekitar khususnya pada hari libur sekolah dan hari-hari perayaan seperti pada saat lebaran idul fitri dan lebaran ketupat.

Selain Karena tempatnya yang gratis, Abangan juga merupakan tempat yang masih sangat asri, sehingga sering dijadikan tempat memadu kasih oleh pasangan muda-mudi yang datang berkunjung. Bahkan pada hari tertentu abangan akan ramai oleh para pedagang yang menjajakan dagangannya. Di Abangan kita akan disuguhi pemandangan alam pedesaan dengan pepohonan yang hijau dan ladang sawah yang membentang luas serta udara yang segar.

AA

 

Di Abangan ada dua buah jembatan sepanjang 100 Meter yang menghubungkan sungai Pringgarata dengan sungai Taman Baru. Diujung dua jembatan tersebut terdapat dua buah seluncuran yang cukup menantang adrenalin. Jika curah air sedang tinggi, seluncuran itu sangat deras dan dibawahnya ada ombak yang bisa memberikan sensasi berbeda saat kita mencobannya.

Abangan sendiri sebenarnya merupakan sebuah saluran irigasi yang dibangun pada masa penjajahan Belanda yakni pada tahun 1931 kemudian dilanjutkan oleh pemrintah Jepang pada tahun 1940-an. Secara etimologi Abangan berarti “jembatan air”. Dimana jembatan air tersebut dibangun dengan tujuan memudahkan irigasi (pengairan) tanah-tanah perkebunan dan pertanian masyarakat.

Kedepannya pemerintah Desa Pengenjek akan memaksimalkan potensi yang ada di Abangan, agar bisa memberi manfaat lebih bagi kesejahteraan masyarakatnya. Sampai sekarang selain menjadi saluran irigasi petani, Abangan dijadikan sebuah destinasi wisata lokal yang ada di Desa Pengenjek. Dan menjadi salah satu bukti sejarah peninggalan jaman kolonialisme di wilayah Lombok. 010|03

qa

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah