Published On: Thu, Dec 20th, 2018

Permintaan Tenun NTB Meningkat, Gubernur Rencanakan Undang Investor

dibaca 504 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM, Mataram-Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengakui potensi pasar kerajinan tenun di NTB cukup besar, karena didukung oleh cara-cara pembuatan yang masih dilakukan secara alami dan tradisonal yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para buyer (pembeli, red) dari luar daerah.

“Hany saja kita akui juga penenun kita di NTB belum bisa memproduksi dalam jumlah banyak, apalagi permintaan dari waktu ke waktu terus bertambah. Karena itu kita harus mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan seperti ini dengan cara lebih banyak memproduksi. Tentu pendampingan oleh pemerintah Daerah (Pemda) akan terus kita upayakan,” kata Gubernur, Selasa (18/12) di Mataram, usai membuka Forum Temu Inovasi Pembelajaran se NTB.

Menurut Gubernur, guna mengantisipasi permintaan tenun NTB yang semakin bertambah pihaknya berkeinginan mengundang investor untuk masuk di NTB untuk menanamkan modalnya guna memproduksi tenun NTB dalam jumlah besar seiring dengan permintaan yang juga bertambah. Selain itu juga tenun yang dihasilkan juga lebih berkualitas.

“Saya kira ini merupakan jalan tengah kita untuk memenuhi permintaan kain tenun asal NTB dengan mengundang investor dengan alat mesin tenun yang memadai. Saya kira nantinya akan bisa mensuplay permintaan tenun asal NTB dari luar. Permintaan tenun yang makin banyak ini tentu saja mengakibatkan penenun tradisonal tidak akan sanggup untuk memenuhinya. Karena untuk menyelesaikan satu kain tenun membutuhkan waktu lama. Permintaan yang makin bertambah tentu hukum pasar akan berlaku dengan sendirinya. Harganyapun bisa makin meningkat,” ujar Gubernur.

Selain itu Gubernur juga menyatakan, dengan kualitas tenun yang dihasilkan dari tenun NTB akan berpengaruh pada harga yang lebih kompetitif. “Jadi biasanya pembeli tidak akan mempermasalahkan apakah itu hasil tenun tradisional atau dengan mesin. Tapi pembeli biasanya bisa memperoleh barang itu dengan harga terjangkau, cocok dipakai, tentu referensi pembeli akan menjadi pilihan,” ucapnya.

Gubernur berharap dengan produktivitas dan kualitas tenun NTB yang meningkat, akan membuka lapangan kerja makin banyak. Kemiskinan bisa diatasi. “Penenun lokal juga akan bisa bersaing dari sisi kualitas produksi dan harganyapun lebih kompetitif,” ujarnya. 07/022)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah