Published On: Mon, Oct 8th, 2018

Penanganan Gempa Lombok Dinilai Lamban

dibaca 630 kali
Share This
Tags
RADIO LOMBOK FM, Mataram-Bencana gempabumi yang terjadi di NTB dinilai penanganannya masih lamban dan jauh dari harapan, bahkan dinilai sangat buruk. Penanganan yang dilakukan Pemerintah daerah (Pemda) Nusa Tenggara Barat (NTB) tidaklah proaktif. Seharusnya Pemda NTB harus pro aktif, karena lokasi terjadinya gempa itu sendiri berada di NTB.

Jaringan Relawan Independen (JARI), Paox Iben Mudhaffar menyatakan, Pemda NTB memang terlihat bekerja namun mereka tidak mampu menjadi satu payung tunggal yang menaungi seluruh kerja-kerja kebencanaan yang seharusnya berada di bawahnya.

“Semestinya Pemda yang punya daerah haruslah tetap ‘straight’berada guna mengatur kerja kebencanaan dari para relawan. Alasan lainnya tersdendatnya komunikasi dengan pihak lain juga menjadi kendala yang seharusnya menjadi jalan keluar setyiap persoalan,” kata Paox Iben Senin (8/10).

Dikatakan, Pemda seharusnya memiliki jalur-jalur yang jelas sehingga bisa dilihat oleh masyarakat secara luas. Orang yang mau membantu baik dari dalam maupun dari luar mengetahui dengan jelas apa yang harus dilakukan dan apa yang bisa dibantu.

“Penanganan bencan haruslah tepat. Bukan hanya data-data fisik tetapi termasuk juga data-data sosial. Pemda tetapm proaktif, karena Pemda lebih tahu persoalan-persoalan yang dihadapi warganya,” kata Paox lagi.

Dalam interpretasi Paox, program-program sosial juga harus sudah dijalankan untuk mengantisipasi segala kemungkinan-kemungkinan sosial yang akan mengiringi bencana alam yang terjadi. Bukan hanya mengandalkan pemerintah pusat. “Saya lihat persoalan perencanaan di Pemda tidak sempurna. Karena itu masyarakat perlu memahaminya, sehingga ada penyempurnaan,” tutupnya. (07/011).

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah