Published On: Wed, Nov 11th, 2015

Pemkab Lombok Utara Siapkan Skenario Evakuasi

dibaca 1,298 kali
Share This
Tags

kali-putihLOMBOK UTARA, lombokfm.com – Gunung Baru Jari anak Gunung Rinjani masih menyemburkan awan panas erupsi dan masih pada satus waspada level 2. Dan untuk mengantisipasi dampak dari letusan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Utara menyiapkan skenario evakuasi.

“Pemkab bersama  BPBD NTB, TNI dan Polri, mulai menyiapkan skenario evakuasi apabila status Gunung Barujari Rinjani ditingkatkan ke level darurat”, kata pejabat Bupati KLU, Ashari kepada wartawan seusai menggelar rakor kemarin.

Ashari menyebut ada 4 jalur yang sudah ditetapkan untuk skenario evakuasi yakni Desa Sambik Elen, Loloan, Senaru dan Bayan. Sedangkan untuk fokus lokasi evakuasi dipusatkan di tiga titik, yakni Lapangan Pasar Anyar, Lapangan Belakang SMA Bayan dan Lapangan Batu Kruk Bayan.

Ditempat evakuasi, kata Ashari semua sarana akan disiapkan seperti sarana kesehatan, makanan serta perlengkapan lainnya. Demikian juga dengan pelayanan medis serta logistik akan ditempatkan di Gedung Bulutangkis Kecamatan Bayan. Dan untuk Kecamatan Kayangan lokasi evakuasi dipusatkan di Desa Santong.

Akibat letusan ini, air Kokok Putih yang terletak di Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan, sudah mulai berubah warna dan mengeluarkan bau blerang yang cukup menyengat, sehingga pemerintah Lombok Utara dan tim penanggulangan bencana terus turun ke lokasi untuk minta warga tetap waspada dan tidak melakukan aktivitas di Kokok Putih.

“Kita harap warga, tetap waspada serta tidak melakukan aktivitas di Kokok Putih”, pinta Kepala Desa Sambik Elen, Lalu Alwan Wijaya.

Petugas dari Mapolsek Bayan dan kasi Trantib Kecamatan Bayan terus melakukan pemantauan di sekitar kokok Putih untuk menertibkan pengunjung atau warga  lainnya agar tidak turun di sekitar kali putih. |004|018

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah