Published On: Sat, Oct 10th, 2015

Pemkab KLU Lakukan Kajian Terhadap PT BAL

dibaca 979 kali
Share This
Tags

airRADIO LOMBOK FM – Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, lakukan kajian terhadap beroperasinya PT. Berkat Air Laut (BAL) di Gili Terawangan.

Pejabat Bupati KLU, Ashari, SH. MH kepada lombok fm kemarin mengatakan, kajian tersebut dilakukan untuk melihat apakah PT BAL benar melakukan aktivitas sesuai izin awal atau tidak.

lanjut Ashari dirinya telah membentuk tim dari beberapa staf ahli SKPD terkait tugasnya untuk melakukan kajian dan penelusuran terhadap semua dokumen perizinan yang dimiliki PT BAL.

”Jika tim menemukan kelayakan penerbitan izin, maka dirinya bisa saja mengevaluasi atau merekomendasikan penerbitan izin operasional bagi PT BAL, Namun, apabila tidak layak, maka tidak ada penerbitan izin meski diajukan kembali oleh perusahaan”, tegas Ashari.

Seperti diketahui, PT BAL melakukan penyaluran air bersih di Gili Terawangan dengan menyuling air laut menjadi air tawar sejak tiga tahun lalu,Namun hingga saat ini PT BAL belum mendapatkan izin oprasional dari pemerintah KLU, kendati izin lainnya sudah dikantongi.

Selain itu ditemukan, bahwa PT BAL belum pajak atau retribusi atas pemanfaatan sumberdaya alam daerah ke Pemda Lombok Utara, Di sisi lain, meski berulang kali manajemen menawarkan pembayaran retribusi ke pemda, pemda menolak, lantaran tak ada dasar hukum mengambil retribusi.

“Jika PT BAL ditemukan menyalahi aturan, ya kalau memang harus ditutup kita tutup. Namun Pemkab juga akan memikirkan solusi agar masyarakat tidak menjadi korban, kalau PT BAL ditutup”, tandas Ashari.|004|037|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah