Published On: Fri, Oct 30th, 2015

Pemerintah Optimalkan Keterbukaan Informasi Publik

dibaca 869 kali

Pemerintah Optimalkan Keterbukaan Informasi PublikLOMBOK TIMUR. Lombokfm.com_ Demi memberikan keterbukaan informasi kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur mengoptimalkan peran dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang ada.

Dikatakan L. Muhammad Zain Kabid Sarkominfo dalam sosialisasi terkait PPID bertempat di Aula Kantor BPMPD Kabupaten Lombok Timur, ini merupakan momentum penting dalam mendorong tata pemerintahan yang terbuka mengingat masyarakat memilki hak untuk mendapatkan informasi. Sementara birokrasi dalam hal ini Badan Publik mempunyai kewajiban dalam memberikan informasi.

“Asas pelayanan informasi yang diberikan secara tranparasi, akuntabilitas dan keseimbangan antara hak dan keawajiban, informasi diperoleh dengan menghimpun seluruh informasi yang ada,” jelas L. Muhammad Zain saat menyampaikan sambutan pada diskusi keterbukaan publik, Selasa (27/10/2015).

Melihat kenyataan tersebut, pihaknya melakukan berbagai upaya untuk dapat memberikan keterbukaan informasi kepada masyarakat. Ini sesuai dnegan dasar hukum yang tertuang dalam Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Apabila tidak dilaksanakan maka pejabat terkait akan dikenakan sangsi sesuai dengna pertauran yang berlaku,” tambah Zain.

Dikatakan pula Rasyid Ridho, peserta diskusi keterbukaan public mengatakan, PPID sudah ada pada masing-masing SKPD dan dilanjutkan sampai dengan kecamatan yang disebut PPID pembantu. Kedudukan PPID dijelaskannya berada di kantor Dinas Perubungan Komunikasi dan Informatika.

“para pejabat PPID sendiri telah disebarkan di setiap SKPD, bahkan sudah ada di tingkat kecamatan” ujar Rasyid Ridho yang juga pengurus Formula. |006|046|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah