Published On: Tue, Mar 15th, 2016

Pemerhati Lingkungan Cekal Dinas KKTK

dibaca 765 kali
Share This
Tags

a6RADIO LOMBOK FM, LOMBOK TIMUR- Gabungan komunitas dan lembaga pemerhati dan pecinta alam Kabupaten Lombok Timur risih dengan kelakuan pemerintah. Pasalnya, pemerintah Lombok Timur dalam hal ini Dinas Kantor Kebersihan danTata kota (Dinas KKTK) Lombok Timur arogan lakukan penebangan pohon. Penebangan tersebut berada di pinggir ruas jalan Mataram- Khayangan, tepatnya di Desa Lenek Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur, Senin 14/3/2016.

Sedikitnya sekitar lima pohon jenis kayu Trembesi dibabat habis oleh Dinas KKTK Kabupaten Lombok timur. Saat itu warga dan lembaga pemerhati lingkungan bereaksi lakukan pencekalan. Warga bersama Lembaga Alam Nusantara, Palanext, Gempar, dan Cemara Rompes pasang badan hadapi para perambah pohon peneduh sekitar pukul 02:00 Wita siang hari.

Dalam reaksi warga yang dipimpin oleh Epol Gawah, mereka menahan salah satu petugas Dinas KTT. Merespon hal ini, Kepala dinas KTT turun lapangan temui warga dan para pencinta lingkungan itu.

Demikian disampaikan Epol Gawah Ketua Lembaga Alam Nusantara, ia mengatakan “adanya perlakuan pemerintah secara sepihak membabat habis pohon tersebut kami beraksi mencekal dan menahan salah seorang petugas untuk meminta keterangan mereka”ungkap Epol pada RADIO LOMBOK FM Senin 14/3/2016.

Dalam persoalan ini, Kepala dinas KKTK, Mulki menyampaikan alasanya terkait penebangan pohon di pinggir jalan. “penebangan pohon di pinggir jalan ini, alasanya karena warga merasa resah saat lakukan perjalanan” papar Mulki pada diskusi dengan para pemerhati lingkungan.

Sementara mengenai hasil penebangan pohon Epol Gawah meminta peruntukanya dibagi. “kalau soal pembagian hitungannya, 25% Untuk desa setempat, 25% untuk biaya tanam, 25% untuk pembelian bibit kayu pengganti dan 25% untk dibagi seluruh pecinta alam se-Lombok timur” Papar Epol Alam Nusantara. |006|025|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah