Published On: Wed, Dec 30th, 2015

Pemenang Timur Peringkat I Dalam IDM

dibaca 821 kali
Share This
Tags

kecil_SAM_5215LOMBOK UTARA, lombokfm.com – Desa Pemenang Timur Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara meraih peringkat I dalam bidang Indeks Desa Membangun (IDM) tingkat provinsi NTB.

Demikian dikatakan, Kepala BPM PPKB Pemdes Lombok Utara, H. Jayadi N dalam acara workshop koordinasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) Mandiri di Gili Galeri Pemenang kemarin.

Dikatakan, tujuan IDM adalah untuk melihat status dan posisi desa dalan konteks wilayah (kecamatan atau kabupaten/kota, provinsi, regional dan nasional).

Selain itu, kata Jayadi, juga untuk mengukur  kemajuan desa dibandingkan dengan desa desa lain pada tahun tertentu dan atau membandingkan  perubahan desa dari tahun 1 dengan tahun berikutnya.

“IDM ini juga untuk membantu merumuskan  targeting  ( target area ) untuk  memperkuat pencapaian sasaran  program/kegiatan, sehingga efektif. Dan menstimulasi  desa atau pemerintah daerah  dalam  penyelenggaraan pembangunan”, jelas Jayadi.

Sementara dari kajian pemerintah pusat tentang klarifikasi status desa, terbagi menjadi beberapa tingkat yaitu Desa Mandiri, Desa Maju, Desa Berkembang, Desa tertinggal dan Desa Sangat Tertinggal.

“Alhamdulillah di Kabupaten Lombok Utara tidak ada status Desa yang sangat tertinggal jika di bandingkan dengan Kabupaten yang sudah ratusan tahun berdiri”, tandasnya. 004/031

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah