Published On: Wed, Dec 16th, 2015

Pemdes Harus Singkronkan Kentongan dengan Program Desa

dibaca 409 kali
Share This
Tags

RizalLOMBOK TIMUR, Lombokfm.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Timur H. Khairul Rizal mengatakan, pemerintah desa harus singkronkan kentongan  dengan program desa. Pasalnya kentongan itu merupakan bagian dari keamanan dan ketertiban masyarakat yang tertera dalam Undang – Undang Desa.

Diakui, dengan adanya apel sejuta kentongan, tentu mengembalikan semangat masyarakat Lotim hususnya untuk mengembalikan budaya terdahulu, bahwa kentongan tersebut merupakan sarana komunikasi yang masih epektif dalam menjaga keamanan dari berbagai macam gangguan, seperti maling dan lain sebagainya.

“Kentongan ini masih efektip dari pada handfhone, jadi sarana komunikasi dalam mengantisipasi kejadian yang tidak kita inginkan”, ungkapnya selasa 15/12/2015 saat di wawancara usai acara apel sejuta kentongan di lapangan Gor Porda Selong.

Rizal menekankan, dengan anggaran desa Rp. 1,2 miliar, Pemdes dapat menghibahkan sebagian untuk keperluan pembuatan pos kamling dan pengadaan kentongan serta kebutuhan para pelaku ronda setiap malamnya. ” Ke amanan ini perioritas, jadi pemdes harus menghibahkan anggaran desa yang 1,2 Milyar untuk kebutuhan ronda”, pintanya.

Ia jelaskan, untuk laporan pemdes dalam menggunakan anggaran yaitu ke 3 pihak diantaranya, bupati, BPMPD dan kemasyarakatan desa.

“Kalau masyarakat menemukan penyelewengan di anggaran kemudian masyarakat tidak melaporkan, hingga kemudian harinya di ketahui bupati, maka Bupati berhak untuk membekukan anggaran itu atau memecat dari pemdes itu sendiri”, tandas Rizal. 007/006

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah