Published On: Wed, Apr 5th, 2017

Pemda Tuding Warga Hambat Pembangunan Dam Mujur

dibaca 103 kali
Share This
Tags

a8RADIO LOMBOK FM,Lombok Tengah – Proses pembangunan dam Mujur sampai saat ini hanya isapan jempol semata. masih banyak persoalan yang tidak bisa dituntaskan oleh pemda Loteng dan pemprov NTB . Pelaksana Tugas Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tataruang Lombok Tengah, Lalu Rahadian menjelaskan, kendala terbesar yang dihadapi pemerintah adalah belum maksimalnya dukungan warga, khususnya di lokasi pembangunan dam Mujur. “Bagaimana kita bisa bekerja kalau warga masih menolak,” kata Rahadian di ruang kerjanya, Selasa (4/4) kemarin.

Sebenarnya lanjut Rahadian, tiga item yang menjadi tuntutan warga yakni mengenai harga lahan, pertanggungjawaban pembayaran lahan hingga tempat relokasi, tidak terlalu sulit. Hanya saja, pemerintah tidak bisa mengambil keputusan lantaran belum adanya hasil perhitungan tim apresial dan larap, Sehingga penting bagi tim aprecial dan larap untuk turun langsung ke lapangan, guna melakukan kajian secara menyeluruh. “Bagaimana bisa menentukan harga, kalau kami tidak diizinkan,” kata Rahadian.

Adanya kekhawatiran warga mengenai besaran harga lahan, menurutnya sangat tidak mendasar. Sebab bisa jadi jumlah hasil kajian tim aprecial dan larap justeru lebih besar dari yang diharapkan warga. Begitu juga dengan pembayaran, jelas merupakan tanggungjawab pemerintah daerah. “ Belum apa-apa sudah khawatir,” ujarnya.

Sementara mengenai lahan relokasi, pemerintah tentu akan tetap mengacu pada kondisi sosial, ekonomi dan tentunya sesuai keinginan warga.
Untuk itu, masyarakat harus memberikan ruang bagi pemerintah untuk mempersiapkan proses pembangunan dam Mujur, sehingga dampak positifnya bisa segera dirasakan.

Sebelumnya Ditjen Sumber Daya Air tanah kementrian PUPR RI bersama dengan komisi V DPR RI menegaskan jika pihak kementrian sampai saat ini masih menunggu kejelasan lahan dari Pemda Loteng, karena persoalan sengketa lahan adalah hal yang paling sulit diselesaikan ditingkat bawah
Kalau persoalan sosial sudah selesai maka akan cepat direalisasikan,” Ungkap Dwi Harianto ketika berkunjung ke Lombok Tengah beberapa waktu lalu |003|005|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah