Published On: Tue, Sep 6th, 2016

Pemda Lotim Bangun 10 Sumur Bor Untuk Atasi Krisis Air Bersih

dibaca 228 kali
Share This
Tags

atasiRADIO LOMBOK FM, Lombok Timur – Untuk mengatasi kekeringan dan air bersih di wilayah yang dalam tiap tahunnya menjadi langganan kekeringan, kini Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) sedang membangun sumur bor.

Jumlah sumur bor yang dibangun saat ini sebanyak 10 sumur dengan 10 titik. Kemudian dari ke 10 sumur tersebut ada 4 sumur yang anggarannya dari APBD dan 6 lagi berasal dari aspirasi Dewan.

Pembuatan sumur bor ini sumber anggaraanya berbeda-beda, ada dari APBD dan ada dari aspirasi Dewan. Demikian terangnya Kabid Sumber Daya Mineral (SDM) dinas ESDM Lotim Siti Hijriani kepada RADIO LOMBOK FM, Senin (05/09/2016).

Lanjut Hijriani menyebutkan, yang menjadi lokasi pembuatan sumur bor itu diantaranya, yang pertama dianggarkan dari APBD ada 4 lokasi yaitu, Ekas, Pene Batu Nampar, Embung Tiang, dan Pringgabaya.

Sedangkan tempat lokasi pembangunan sumur dari dana aspirasi yaitu, Rarang Selatan, Suka Dana, Sikur, Dames Damai, Sukarara, dan Banjar Kemuning.

‘’lokasi-lokasi yang saya sebutkan ini sudah menjadi titik pemetaan dalam pembuatan sumur bor, bukan ditentukan dengan asal sebut’’, jelasnya.

Kemudian untuk anggaran yang dikeluarkan dalam masing-masing pembuatan sumur bor tersebut berbeda-beda.

Dari pemerintah sendiri dengan APBD per sumur anggarannya Rp.190 Juta. Sedangkan kalau dari aspirasi dewan tersebut bervariasi mulai dari Rp. 40 Juta , Rp. 60 juta dan Rp.80 Juta.

Kemudian dalam pembuatan sumur itu lanjutnya, dari pemda menyiapkan mesin dan tandon air, sedangkan dari aspirasi dewan hanya pembuatan sumur bor saja.|002|010|.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah