Published On: Fri, Jul 24th, 2015

Pemda Lombok Tengah Gelar Pertemuan Antar Umat Beragama

dibaca 778 kali
Share This
Tags

pemdaRADIO LOMBOK FM – Antisipasi dampak peristiwa dibakarnya Masjid di Tolikara Papua, Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Tengah, gelar pertemuan antar umat beragama. Diprakarsai Badan Kisbangpoldagri yang bertempat di Gedung Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) pada Rabu (22/07)2015.

Pada pertemuan yang dihadiri oleh perwakilan seluruh agama, pihak Kementrian Agama Praya, serta pihak TNI/Polri dan sejumlah lembaga pemuda tersebut, semua pihak sepakat bahwa apa yang terjadi di Tolikara Papua merupakan kejadian lokal yang penyelesaianya diserahkan pada aparat setempat.

Masyrakat di Lombok Tengah tidak perlu terlalu terpengaruh oleh kejadian tersebut. Namun demikian antisipasi hal itu dimamfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab karena saat ini dekat dengan Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) patut untuk dilakukan.

Kapolres Lombok Tengah, AKBP.Nuroodin pada kesempatan tersebut, meminta semua pihak untuk menyampaikan peristiwa yang terjadi tersebut apa adanya dan tanpa dilebihkan dengan opini yang dikhawatirkan akan memicu terjadinya masalah baru.”Semua pihak, tokoh agama dan pemuda dan seluruh masyrakat menyampaikan peristiwa itu dengan bijak,”pintanya.

Pihak TNI-Polri siap berada dibelakang untuk membeck-up dan melakukan pengamanan baik diminta atau tidak diminta bila hal itu diperlukan. Hanya saja pada kesempatan tersebut, Kapolres menyarankan agar adanya rumusan agar suasana
keharmonisan ditengah masyarakat terus dijaga.”Apapun itu rumusanya, yang penting utmakan kesatuan dan persatuan serta keutuhan negara kita,”tandasnya.

Komandan Kodim (Dandim) Letkol Inf. Erie Tri Hardianto juga menyampaikan hal yang senada, masyarakat dihimbau untuk tidak mudah mepercayai informasi yang bernada profokasi, apalagi info itu hanya berasal dari mulut ke mulut.”Karena kalau sudah ribuan orang yang ngomong, hal yang tidak benar bisa jadi benar,”ujarnya.

Pertemuan dengan menhadirkan seluruh agama seperti pertemuan tersebut tandas Dandim, sangat tepat untuk dilakukan secara rutin. Hal itu bisa mempererat komunikasi antar umat beragama.”Saya sangat senang dengan adanya pertemuan ini. Ini bisa menjadi tempat mendiskusikan bagaimana agar saling mengawasi antar umat beragama,”Imbuhnya.|001|0032

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah