Published On: Tue, Aug 23rd, 2016

Pemda KLU Teken Komitmen Sukseskan STBM

dibaca 467 kali
Share This
Tags

DOK_8397Radio Lombok Fm, Lombok Utara— Pemda Kabupaten Lombok Utara (KLU) menegaskan untuk komitmen dalam mensukseskan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang digagas oleh Kementerian Kesehatan .

Keseriusan ini diikuti dengan melakukan penandatanganan komitmen bersama dengan pemerintah kecamatan dan desa yang ada di KLU.  Demikian dikatakan Asisten I Setda KLU Kholidi Khalid dalam sambutannya Senin (22/08/2016) di acara Road Show STBM di Aula kantor Bupati.

“Dengan penandatanganan komitmen ini kita dorong agar program ini bisa terlaksana sebaik-baiknya di KLU,” ungkapnya

Ia mengatakan, guna menerapkan pola hidup bersih dan sehat harus didasari dengan perubahan sikap dan perilaku di masyarakat. Maka dari itu, peran serta Desa dan Kecamatan harus dimaksimalkan.

“Kita akan mulai dengan hal-hal kecil, terlebih desa juga akan ikut ambil bagian,” tandasnya.

Sementara itu, Project Manager Sehati Sabarudin mengatakan, program ini telah tertuang dalam permenkes nomor 3 tahun 2014. Dimana terdapat lima pilar yang akan diterapkan kepada masyarakat guna mensukseskannya. Pilar tersebut antara lain Stop BAB sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum yang aman, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Sabarudin melanjutkan, terkait metode yang akan ditempuh, Sabarudin mengaku bakal memberikan pemahaman tentang tahapan pelaksanaan pada masyarakat, hingga mengidentifikasi pelaku potensial dalam mendukung STBM ini.

“Kita akan mulai advokasi dibeberapa Desa di KLU. Apalagi program ini sudah dituangkan di RPJMD,” pungkasnya

Seperti yang diketahui Pemprov NTB mempunyai target hingga tahun 2019 sebesar 85 persen warga menerapkan STBM. Untuk KLU sendiri, dari 33 desa saat ini sudah ada 9 desa yang telah memenuhi target. |005|021|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah