Published On: Mon, Oct 12th, 2015

Pemda KLU Rencanakan Bentuk Timpora

dibaca 482 kali
Share This
Tags

nareRADIO LOMBOK FM – Pemda Lombok Utara merencanakan akan membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) yang bekerjasama dengan Imigrasi, Kepolisian dan unsurTNI.

Pembentukan tim tersebut didasari tingginya mobilitas kedatangan wisatawan asing ke sejumlah destinasi wisata khususnya ke 3 Gili yang belum terawasi secara maksimal.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan ketenagakerjaan Dinsosnakertrans Lombok Utara, Abdul Khairul Mas, S.sos., kepada Lombok FM, kemarin mengungkapkan selama ini tidak ada pos pemeriksaan terhadap masuknya wisatawan asing terkait kelengkapan dokumen, pasport, IMTA atau kontrol terhadap barang bawaan mereka.

Keberadaan Timpora itu akan menjadi wadah pemeriksaan terpadu guna mengantisipasi masuknya orang atau pekerja asing ilegal, peredaran Narkoba dan barang – barang ilegal lainnya.

Khaerul menyebutkan pembentukan Timpora itu atas usul dan kesepakatan bersama antara Pemda dengan pihak Imigrasi, kepolisian dan TNI sebagai upaya menjaga keamanan didaerah. Timpora akan ditempatkan dipintu masuk atau pelabuhan sandar kapal seperti di Teluk Nare atau pelabuhan Bangsal.

Adanya pos pemeriksaan Timpora itu menurut Abdul Khairul penting dalam menghadapi gangguan keamanan dan maraknya peredaran Narkoba yang diduga kerap masuk melalui jalur laut.

Khaerul menegaskan, Timpora juga sebagai persiapan menghadapi kebijakan bebas VISA bagi wisatawan asing, menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang berkonsekwensi akan banyaknya pekerja asing yang masuk ke Indonesia dan berbagai program kepariwisataan lainnya yang berimbas terhadap kondisi keamanan daerah yang target pembukaan dan operasional pada tahun 2016 mendatang. |004|052|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah