Published On: Wed, Mar 16th, 2016

Pemda Bergerak Cepat Basmi Hama Wereng

dibaca 416 kali
Share This
Tags

o3RADIO LOMBOK FM, Lombok Tengah – Pemerintah Derah (Pemda) melalui dinas terkait saat ini sedang bergerak membasmi hama wereng yang mulai meresahkan petani di Lombok Tengah. Namun demikian serangan hama wereng tersebut, dinilai belum mengkhawatirkan. Demikian disampaikan Pelaksana Tugas (PLT) Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Lombok Tengah, Ir. Nasrun, Selasa (15/3) 2016.

Namun demikian, hama wereng coklat tersebut lanjut Ir. Nasrun yang sekaligus Asisten II Setda Lombok tengah ini menegaskan, hama wereng tersebut harus segera di basmi. Karena bila dibiarkan maka bisa menyerang kesawah lebih luas lagi.”Saat ini sawah yang terserang itu baru dibeberapa titik saja. Belum keseluruhan, tapi ini harus segera diberantas,”Katanya.

Munculnya hama wereng tersebut lanjut Nasrun, akibat dari cuaca yang tidak menentu yang dalam sehari disuatu wilayah tiba-tiba hujan sementara diwilayah lain yang tak berjauhan cuaca sangat panas sekali.”Namun secara teknisnya tentu bagian tehknis yang lebih mengetahui ini,”Imbuhnya.

Melihat dari semangat petani dalam menanam padi lanjut Nasrun, tidak perlu diragukan lagi. Namun ada para petani yang sedikit melenceng dari himbaun yang diberikan kepada petani. Terutama dalam hal musim tanam seperti saat ini.”Banyak petani kita yang ternyata belum paham soal strategi menanam yang baik. Yang sudah faham itu hanya sekitar 10 hingga 15 persen saja,”Ungkapnya.

Walau begitu lanjut Nasrun, pihaknya saat ini fokus membasmi hama yang sudah terlanjur ada disejumlah titik di Lombok Tengah. Adapun wilayah yang saat ini mulai terserang hama wereng tersebut seperti sejumlah desa di Kecamatan Jonggat, Praya Barat Daya, Praya Barat dan Pujut serta Praya Tengah.”Kalau melihat wilayahnya umumnya daerah bagian selatan yang terkena,”Jelasnya.

Soal luasan lahan padi yang terkena lanjut Nasrun, hingga saat ini pihaknya masih belum bisa mengkalkulasikanya. Karena petugas lapangan dari Dispertanak masih turun kelapangan melakukan pengecekan sekaligus penyemprotan hama.”Kalau soal pestisida kami tidak kekurangan, kalaupun kurang pihak provinsi siap membantu stoknya banyak,”Pungkasnya. |001|7

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah