Published On: Wed, Sep 7th, 2016

Pembalakan Hutan Lindung Digagalkan Aparat

dibaca 226 kali
Share This
Tags

tangkap kayuRADIO LOMBOK FM, Lombok Barat-Timsus Kodim 1606/Lobar bersama Dinas Pertanian NTB dan KPH Rinjani Barat menggelar Operasi Gabungan di hutan lindung Tahura NTB, Sabtu (03/9/2016) pukul 02.00 dini hari hingga 21.00 Wita. Operasi gabungan ini dilakukan untuk menertiban terhadap perambahan hutan lindung tersebut.

Pasi Intel Kodim 1606 Lombok Barat, Kapten Intel Asep Okinawa kepada Radio Lombok FM, Rabu (07/09/2016) di Gerung menjelaskan,   kronologis penggerebekan tersebut. Sekitar pukul 09.00 WITA pada Sabtu (03/09/2016), dua anggota Timsus 1606/Lobar melaksanakan pengamatan bersama (Matbar) di wilayah kawasan Hutan Pondok Seng Dusun Kumbi Desa Pakuan Kecamatan Narmada Lobar.

Matbar tersebut dilakukan bersama dengan Dishut Provinsi NTB yang berkaitan dengan maraknya perambahan Hutan dan Illegal Loging.

Asep melanjutkan, pada Senin (05/09/2016) pukul 02.00 Wita, 7 orang anggota Timsus 1606/Lobar melaksanakan patroli dan pengendapan terhadap terduga pelaku perambahan hutan dan illegal logging. Dari patroli tersebut, Timsus 1606/Lobar berhasil mengamankan 6 orang pelaku

Pelaku tersebut, berinisial S (35), H (30) asal Lembah Sempage Utara, M (25) asal Dusun Lembah Sempage Utara, S (32) asal Dusun Pesorongan, S (32) asal Dusun Pesorongan, R (45) asal Dusun Peresak Desa Lembah Sempage, N (38) asal Desa Suranadi Kecamatan Narmada Kabupaten Lobar.

”Namun sejauh ini keenam orang yang memasuki wilayah kawasan hutan tempat perambahan hutan masih belum mengakuinya dan bermacam alasan. Diantaranya mencari burung dan mencari rumput untuk ternak,” terangnya

Dikatakan asep menambahkan, barang bukti yang diamankan berupa 1 unit sepeda motor beserta kayu balok yang diangkut sebanyak 12 batang, 1 buah senapan angin, parang, golok dan Sabit sebanyak 6 bilah dan 2 buah sangkar burung.

Timsus bersama anggota Dishut Provinsi NTB, anggota KPH dan 11 Wartawan, dipimpin oleh Eko Budi dari Dishut Provinsi NTB. Mereka berangkat dari KPH Rinjani Barat menuju lokasi Dusun Kumbi Desa Pakuan Kecamatan Narmada Kabupaten Lobar menjemput 6 orang warga yang diamankan oleh anggota Timsus di lokasi yang merupakan kawasan hutan lindung wilayah kerja TAHURA.

Kemudian sekitar pukul 17.00 wita, keenam pelaku diamankan di Makodim 1606/Lobar. Kemudian mereka dimintai keterangan terkait keberadaan mereka di kawasan TAHURA. Satu jam kemudian, Pasi Inteldim 1606/Lobar memanggil Kades Suranadi dan Kades Lembah Sembage didampingi Babinsa untuk menjemput warganya yang diamankan oleh Tim Gabungan

“Pada pukul 20.00 wita Kades Suranadi dan Kades Lembah Sembage didampingi Babinsa tiba di Makodim 1606/Lobar untuk diberikan pengarahan oleh Kabid Pengamanan PPH Dishut Provinsi Lalu Suwarjaya,” jelasnya.

Keenam orang tersebut kemudian membuat surat pernyataan untuk tidak akan mengulangi atau melakukan aktivitas di kawasan TAHURA.  Pembuatan surat tersebut disaksikan langsung oleh Kades Suranadi dan Kades Lembah Sempage serta Babinsa. (007/012)

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah