Published On: Wed, Oct 21st, 2015

Pekerbunan Mente Milik Warga Terbakar Di Sambik Elen

dibaca 433 kali
Share This
Tags

lahan-mente-yang-terbakarLOMBOK UTARA, lombokfm.com – Perkebunan mente milik beberapa petani di Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara terbakar, Rabu siang 21/10/15.

Kebakaran terjadi akibat gesekan daun kering karena tertimpa angin cukup kencang serta dampak dari musim kemarau yang berkepanjangan pada tahun 2015 ini.

“Ini akibat gesekan dahan kayu yang kering, dan kebetulan pada siang hari ini, angin cukup kencang sehingga mengakibatkan 1 ha lebih lahan pertanian mente yang  lagi berbuah terbakar”, kata Adi kepada Lombok FM.

Menurut Adi yang juga guru honorer di sebuah lembaga pendidikan di Desa sambik Elen, bahwa kebakaran lahan hampir setiap tahun terjadi. Namun pada beberapa minggu terakhir ini terjadi kebakaran dibeberapa lokasi kebun warga.

Untuk mengantisipasi agar tidak merambah ke rumah warga, lanjut Adi, masyarakat bahu membahu membawa air ke lokasi untuk memadamkan api. Bahkan juga dibantu oleh mobil pemadam kebakaran milik BPBD Lombok Utara.

“Hari ini, mobil pemadam milik BPBD KLU langsung turun untuk membantu warga memadamkan api yang sudah mendekati pemukiman warga”, jelas Adi.

Adi minta kepada pemerintah agar menempatkan mobil kebakaran di masing-masing kecamatan. Hal ini, karena mengingat wilayah Kecamatan Bayan, selain rawan bencana longsor pada musim hujan, juga rawan bencana kebakaran pada musim kemarau.

Selama ini, kata Adi mobil pemadam seringkali terlambat tiba dilokasi bencana, karena jarak antara Bayan dengan kantor BPBD puluhan kilo meter. “Jadi perlu ditempatkan mobil kebakaran dimasing-masing kecamatan yang ada di KLU ini”, tandasnya.|004|095|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah