Published On: Sat, Jun 30th, 2018

PARA KIYAI LAKUKAN DOA BERSAMA DI MAKAM REAK DEPAN MAJID KUNO BAYAN

dibaca 815 kali
Share This
Tags

RADIO LOMBOK FM, KLU – Acara Masdoa oleh Kiyai Pengulu kiyai lebe. Kiyai ketip dan kiyai santri di depan makam reak saat acara ngaji makam hadir kabid kebudayaan KLU hadir penunggu sumur maja pahit (Mujakir ali zikri ).di halaman Masjid kuno Bayan 29 juni 2018.

Ngaji makam artinya Doa Bersama yang di Pimpin Oleh Kiyai Pengulu di Makam Syeh Gauz Abdurrazak, (orang yang membawa ajaran agama islam pertama masuk pulau lombok pada abad ke 16). dilanjutkan ke makam lebe, makam pelawangan dan makam karang salah. Saat itu yang masuknke dalam masjid kuno adalah kiyai ketip karena beliau baru di angkat setelah 5 tahun jabatan kiyai ketip kosong

Sebagai rangkaian dari masdoa adalah para masyarakat adat yang punya najar berduyun datang ke depan masjid kuno dan makam untuk meminta restu atau menyampaikan najar di hadapan kiyai pengulu, kiyai ketip dan kiyai lebe lalu di mandikan sebagai tanda najarnya sudah selesai dan terahir di doakan oleh para kiyai itu.

Yang melaksanakan sereat ngaji makam saat ini tahun 1449H adalah gubuk kiyai pengulu, gubuk bayan timur, gubuk pelawangan, gubuk karang salah, gubuk kiyai ketip dan gubuk kiyai lebe.

Adapun najar mereka berpariasi. Ada yang dulu dia pernah berjanji jika sukses dalam usaha maka dia akan mandi di makam pengulu, ada yang najar jika sembuh dari penyakit akan di mandikan oleh kiyai pengulu di bawah bong tempat wuduk masjid kuno.

Setelah acara masdoa di makam reak, makam pengulu, makam karang salah dan makam pelawangan di lanjutkan dengan acara periapan di berugak agung kiyai pengulu, berugak agung mangku timuk orong, berugak agung mak lokal pelawangan, berugak agung karang salah, berugak agung kiyai ketip dan terahir bergugak kiyai lebe.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah