Published On: Fri, Oct 30th, 2015

Pansimas Lakukan Pendekatan Berbasis Masyarakat

dibaca 962 kali
Share This
Tags

pelatihan-pansimasLOMBOK UTARA, lombokfm.com – Program Pengelolaan Air Minum dan sanitasi Masyarakat (Pansimas) lakukan pola pedekatan berbasis masyarakat dengan tujuan meningkatkan penerapan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka pencapaian target  sektor air minum dan sanitasi(MDGs).

Hal tersebut dikemukakan fasilitaor Sanitasi Berbasis Masyarakat (SBM) Kabupaten Lombok Utara, Hendra Zulfan kemarin didepan peserta pelatihan Pansimas di Balai Pusaka Sebaya Tanta Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan.

Menurut Hendra, program Pansimas adalah sebuah program untuk meningkatkan jumlah warga masyarakat yang mendapat pelayanan akan air bersih dan sanitasi termasuk masyarakat yang berpendapatan rendah yang ada di perdesaan.

Sementara fasilitator Pansimas Lombok Utara, Khairul Fahmi dalam kesempatan tersebut menjelaskan terkait Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM), sebagai sebuah organisasi masyarakat yang dipilih dari anggota masyarakat desa secara demokratis, partisipatif, transparan, dan akuntabel.

terkait dengan peran Pemerintah Desa dalam program pansimas, menurut Khairul  yaitu bertugas melakukan sosialisasi,fasilitasi, mediasi, dan koordinasi untuk memperlancar pelaksanaan program di desa.

Sedangkan Kepala Desa Karang Bajo, Kertamalip menyampaikan terima kasih kepada semua kader pendamping Pansimas kabupaten Lombok Utara yang telah membantu warga sehingga Desa Karang Bajo mendapatkan Program Pengelolaan Air Minum dan sanitasi.|004|126

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah