Published On: Fri, May 27th, 2016

Pangdam IX Udayana Tinjau Program Cetak Sawah di Lombok Timur

dibaca 994 kali
Share This
Tags

pangdamRADIO LOMBOK FM, Lombok Timur – Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko sebut letak tanah dengan irigasi yang tidak ideal merupakan salah satu kendala dalam mencetak sawah.

Namun hal itu tidak menjadi suatu halangan untuk melaksanakan program cetak sawah. Dimana nantinya dari pihak TNI akan lakukan kerja maksimal, seperti melihat kondisi di daerah Pringgasela ini, nantinya akan dilakukan pemompaan air untuk kebutuhan sawah yang sudah dicetak, mulai dari pengelolaan tanah sampai tanam. ‘’kita akan tetap membantu masyarakat, dan bekerja semaksimalnya’’, demikian dikatakannya kepada RADIO LOMBOK FM, Jum’at 27/5/2016.

Dikatakan kesiapan pihaknya akan membantu masyarakat dalam jangka pendek yaitu menyiapkan pompa air yang dimanfaatkan sementara. Dan nantinya kalau sudah terbentuk irigasi air maka pompa air itu sebagai inventaris Kodim. ‘’meski begitu masyarakat tetap boleh meminjam pompa air itu, apa bila dibutuhkan’’, ucapnya. Dijelaskannya Kustanto sebenarnya dalam mencetak sawah setidaknya lokasi tersebut harus melekat dengan irigasi air, dan jauh harinya hal itu sudah diprogramkan.

Dalam menentukan target banyak cetak sawah dari ketentuan sebanyak 1.000 hektare di Kabupaten Lombok Timur pastinya tidak mudah, pasalnya pihaknya harus lakukan pemetaan lokasi mana yang pas dilakukan cetak sawah, dan bagaimana kondisi air ditempat tersebut. ‘’berhubung target 1000 hektar di Lotim, sebenarnya diprogramkan sejak tahun 2012 namun kembali ke lokasi, banyak lahan yang cocok atau tidak, itu lagi kendalanya’’, jelasnya Kustanto.

Dengan begitu dia berharap agar apa yang diprogramkan pemerintah yang dimandatkan kepada pihaknya agar betul-betul terlaksana dengan baik, sehingga hasil dari cetak sawah itu, bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam, harapnya. (002)(059)

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah