Published On: Mon, Oct 12th, 2015

PAD Dari Sektor IMTA Meningkat

dibaca 1,021 kali
Share This
Tags

turRADIO LOMBOK UTARA – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lombok Utara dari sektor Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA)dalam bentuk pajak dan retribusi di Lombok Utara terus mengalami kenaikan.

Kenaikan selama dua tahun terakhir ini terjadi setelah Pemda diberikan kewenangan memungut pajak dari sektor IMTA oleh Pemprov NTB sejak tahun 2013 lalu.

Pada tahun 2015 ini, Dinas Sosial Tenaga kerja dan transmigrasi (Dinsosnakertrans) lombok Utara berhasil menarik pajak IMTA sebesar Rp. 1,2 miliar, melampaui target yang ditetapkan Pemda sebesar Rp. 1 miliar.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan ketenagakerjaan Dinsosnakertrans Lombok Utara, Abdul Khairul Mas, S.sos. Sabtu (9/10) mengatakan Penggunaan tenaga kerja asing oleh sejumlah perusahaan perhotelan dan jasa usaha layanan pariwisata saat ini telah terkoordinasi dan memberi efek capaian PAD yang cukup progres terutama yang bersumber dari pajak Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA).

Capaian target PAD dari sektor IMTA sebesar Rp. 1,2 miliar tersebut menurut Khaerul diproyeksikan akan bertambah hingga akhir tahun 2015,dilihat dari kepatuhan pengusaha pengguna Tenaga Kerja Asing (TKA) yang semakin membaik,juga mulai tertibnya sistim pengawasan yang dilakukan Pemda.

Abdul Khaerul mengatakan, penarikan retribusi IMTA didasari oleh regulasi Perda Nomor 6 tahun 2014 Tentang retribusi perpanjangan IMTA, dan juga Perbub Nomor 11 tahun 2014 tentang petunjuk pelaksanaan perda Nomor 6 tahun 2014.

Sementara itu saat ini jumlah TKA dikabupaten Lombok Utara tercatat sebanyak 291 orang dari berbagai negara dan tersebar di 527 perusahaan,Mereka terdiri dari 190 laki – laki dan 101 perempuan. Sedangkan jumlah angkatan kerja se-lombok utara tercatat sebanyak 9.358 yang kini tersebar dan bekerja di berbagai perusahaan.|004|053|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah