Published On: Wed, May 10th, 2017

Operasi Patuh Gatarin 2017 Terapkan E-Tilang

dibaca 446 kali
Share This
Tags

a8RADIO LOMBOK FM, MATARAM – Operasi Patuh Gatarin 2017 yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah hukum Polda Nusa Tenggara Barat langsung menerapkan E-Tilang.

Kapolda Nusa Tenggara Barat Brigjen Polisi Drs. Firli, M.Si selaku inspektur upacara menegaskan penekanan dalam operasi ini lebih dititik beratkan pada penindakan dengan menekan angka kecelakaan lalu lintas yang berakibat fatal. Kemudian keselamatan lalu lintas serta kelengkapan surat-surat kendaraan dan kelengkapan kendaraan.

Semua diutamakan untuk kepentingan masyarakat pengendara kendaraan sepeda motor. “Seperti kaca spion, lampu leting, dan beberapa kelengkapan lainnya seperti helm pengaman,” ujar Kapolda dalam amanatnya, di Mataram (9/5/2017).

Menurut Firli, operasi ini rutin dilaksanakan setiap menjelang datangya bulan puasa dan idul fitri dan digelar selama 14 hari mulai tanggal, 9 hingga 22 Mei 2017 serentak diseluruh wilayah Indonesia.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda NTB, Komisaris Besar Polisi Budi Indra Darmawan menyatakan operasi Patuh Gatarin tahun ini mulai menerapkan E-Tilang. Masyarakat pengendara kendaraan bermotor yang terkena tilang langsung membayar denda tilang di Bank yang ditunjuk. “Nanti ada tanda hijau berarti sudah dibayar dapat dilihat langsung di HP setiap anggota, keluar struknya datang keanggota kemudian melanjutkan kegiatan,” ujar Dirlantas Budi Indra.

Semua denda dengan E-Tilang sudah dapat diterapkan di masing-masing Kabupaten/Kota se NTB. Ia berharap kepada masyarakat dapat melengkapi diri selama berkendaraan baik SIM, STNK maupun kelengkapan kendaraan lainnya.

“Dalam pelaksanaan operasi ini ditekankan tidak ada pungli sebagaimana instruksi Kapolri, jika ada bisa dilaporkan,” pungkas Budi Indra. Tim yang diturunkan sebanyak 761 personil gabungan se NTB terdiri dari berbagai unsur Polisi Lalu Lintas, Sabhara dan dibantu Tim Dinas Perhubungan, POM TNI AU, AD dan AL sebanyak 36 personil. |006|016|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah