Published On: Fri, Jun 24th, 2016

NTB Terbebas dari Penyakit Rabies

dibaca 1,178 kali
Share This
Tags

ol laut

RADIO LOMBOK FM, Mataram – Dari 33 provinsi yang ada di Indonesia hanya 9 provinsi yang terbebas dari penyakit rabies termasuk di antaranya Nusa Tenggara Barat. Hal ini dituturkan oleh Drh. Ana Mustiana selaku Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner, Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Mataram.

Rabies atau umumnya dikenal sebagai penyakit anjing gila, merupakan penyakit serius yang menyerang otak dan sistem syaraf. Penyakit ini digolongkan sebagai penyakit mematikan yang harus ditangani dengan cepat.

“Status penyakit rabies di kita (NTB-red) itu kan masih bebas jadi dari 33 provinsi di Indonesia ada 9 provinsi yang masih bebas rabies termasuk NTB”, ungkap Ana Mustiana di sela kegiatannya melakukan pengecekan kelayakan daging disalah satu pasar modern di kota Mataram (23/06/2016).

Masyarakat juga dihimbau untuk tidak membawa anjing dari daerah endemik rabies untuk masuk ke NTB. Ana Mustiana juga mengatakan ia sudah melakukan penelitian tentang bagaimana potensi masuknya anjing pembawa rabies ke NTB dari daerah endemik rabies yang berada di daerah sekitar NTB seperti Bali dan NTT.

Dan dari hasil penelitian itu menunjukkan potensi masuknya anjing rabies ke NTB rendah. “Hasil estimasi jumlah populasi anjing yang sudah kita lakukan tahun kemarin, jumlah anjing kita di kota Mataram sekitar 3 ribu hingga 5 ribu ekor, itu yang berkeliaran baik yang berpemilik ataupun yang tidak berpemilik”.

Dan yang dilakukan pihaknya untuk menanggulangi anjing yang berkeliaran bebas adalah melakukan Konfirmasi Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat yang memiliki anjing agar mengikat atau mengkandangkan anjingnya, agar tidak keluar rumah, sehingga berpotensi untuk berkembang biak secara liar, karena itu bisa meningkatkan populasi anjing, tutur Ana. Ana melanjutkan, kalau anjing yang tidak ada pemiliknya, pihaknya akan mengupayakan jika ada orang yang ingin memeliharanya dan itu dirasa lebih baik.|006|30|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah