Published On: Fri, Aug 3rd, 2018

NTB Mulai Dilanda Kekeringan

dibaca 414 kali
Share This
Tags
RADIO LOMBOK FM, Mataram-NTB kembali menghadapi bencana baru. NTB akan memasuki Hari Tanpa Hujan (HTH) ratusan hari. Data BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat, dari Monitoring HTH, di Pulau Lombok dan Sumbawa umumnya didominasi kategori panjang hingga kekeringan. Namun ada beberapa wilayah yang mengalami HTH dalam kategori sangat pendek di wilayah Lombok Tengah, Lombok Timur, Dompu, dan Sumbawa serta terdapat hujan pada tanggal update-ing data yaitu di pos hujan Dompu.

Sementara terkait kondisi dinamika atmosfer, menurut Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat, Afriyas Ulfah, kondisi Suhu Muka Laut di perairan NTB menunjukan kondisi netral cenderung dingin, ENSO dalam kondisi netral, tetapi ada potensi El Nino lemah pada akhir tahun 2018.

Analisis angin menunjukkan angin Timuran masih mendominasi wilayah NTB. Kondisi tersebut mengakibatkan mengurangi peluang terbentuknya awan – awan konvektif hujan di sebagian besar wilayah NTB. Pergerakan Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini tidak aktif,” ujarnya.

Peluang terjadinya hujan >20 mm/dasarian pada dasarian I Agustus 2018 di wilayah NTB secara umum kecil yaitu berkisar <10%. Hal ini menandakan peluang curah hujan hanya berkisar 0 – 20 mm.

“Dengan kondisi hari tanpa hujan yang begitu panjang, sehingga perlu diwaspadai terjadinya kekeringan yang berdampak pada berkurangnya ketersedian air di sebagian besar wilayah NTB,” jelasnya. (07/004)

 

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah