Published On: Mon, Dec 14th, 2015

NASA Unggul di Empat Kecamatan

dibaca 1,200 kali

gundulLombok Utara, lombokfm.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, Rabu (9/12) lalu telah berlalu, kini tinggal menunggu hasil final dari penetapan KPU KLU. Proses rekapitulasi perolehan suara hasil pemungutan suara di 5 Kecamatan di Kabupaten Lombok Utara (KLU) tingkat PPK usai sudah dilakukan,Sabtu (12/12) lalu. Dari hasil rekapitulasi, seluruh data perolehan suara baik pasangan nomor urut 1, H.Djohan Sjamsu,SH – Mariadi,S.Ag (JADI) dan pasangan nomor urut 2, Dr. H. Najmul Akhyar,SH,MH, – Sarifudin,SH (NASA) telah masuk.

Berdasarkan hasil rekapitulasi secara menyeluruh di 518 TPS se Kabupaten Lombok Utara, NASA unggul di 4 Kecamatan, yakni di Kecamatan Pemenang,Tanjung, Gangga dan Kayangan. Sementara pasangan JADI hanya unggul di Kecamatan Bayan.

Masing-masing hasil akhir pleno pe PPK, antara lain, di Kecamatan Bayan, pasangan JADI memperoleh suara sah sebesar 16,700 suara dan pasangan NASA memperoleh 10.795 suara. Di Kecamatan Kayangan, JADI memperoleh 9.692 suara dan pasangan NASA memperoleh 13.841 suara. Di Kecamatan Gangga, pasangan JADI memperoleh 13.501 suara dan pasangan NASA memperoleh 14.062 suara. Di Kecamatan Tanjung, pasangan JADI memperoleh 14.253 suara dan pasangan NASA memperoleh 15.774 suara dan di Kecamatan Pemenang, pasangan JADI memperoleh 4.765 suara dan pasangan NASA memperoleh 13.012 suara.

Komisioner Divisi Sosialisasi KPU KLU, Abdul Karim, Minggu (13/12) mengatakan, hasil sementara pleno PPK se KLU, menyebut jumlah suara sah di lima Kecamatan sebanyak 126.359 dari total DPT 156.789. Dari hasil itu pula, diketahui pasangan NASA berhasil memperoleh total suara sah di lima Kecamatan hingga mencapai 68.326 atau sebesar 53,45 persen.Sedangkan pasangan JADI mengumpulkan total suara 59.511 atau sebesar 46,55 persen.

Hasil rekapituasi perolehan suara di tingkat kecamatan itu, sebut Karim, selanjutnya akan kembali di plenokan di KPU KLU yang dijadualkan pada hari Rabu-Kamis (16-17) Desember 2015 mendatang. Pleno rencana akan dilaksanakan di hotel Medana Bay Marina.

Komisioner Divisi Hukum KPU Lombok Utara, Juraidin,SH mengakui seluruh kotak suara dan suara sudah kembali ke KPU dan saat ini disimpan di Gudang KPU dengan pengawalan ketat aparat keamanan. Juraidin mengakui, setelah melalui rekapitulasi PPK, ia menilai penyelenggaraan Pilkada tahun ini berjalan sukses, dengan aman,lancar dan dengan partisipasi aktif masyarakat yang tinggi. Pihaknya pun memberi apresiasi yang tinggi, menyusul tingkat partisipasi masyarakat Lombok Utara dalam pilkada mencapai 82 persen. Ini merupakan indikasi bahwa demokrasi di daerah Tioq Tata Tunaq ini berjalan dengan baik dan berhasil.

Partisipasi masyarakat Lombok Utara yang tinggi inipun tidak terlepas dari kesadaran masyarakat KLU dalam berdemokrasi. Emosional masyarakat dalam memilih pemimpin, berbeda dibandingkan dengan memilih Gubernur atau presiden.Hal ini juga sedikit mendongkrak angka partisipasi masyarakat untuk berbondong-bondong mendatangi TPS. “Partisipasi masyarakat yang tinggi ini, patut kita apresiasi,disamping jalannya pilkada berlangsung sukses,aman dan lancar,”tandas Fajar Martha, Ketua KPU KLU.

Fajar Martha mengklaim, terselenggaranya pilkada dalam suasana kondusif dan partisipasi yang tinggi tidak lepas dari peran serta steckholders mulai dari pihak Polri,TNI,Panwaslu hingga KPU sendiri.Selaku penyelenggara Pilkada, KPU telah bekerja maksimal dalam mensosialisasikan berbagai hal terkait aturan main pilkada yang aman,jujur,bersih,bermartabat dan berintegritas. 004/006

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah