Published On: Sat, May 13th, 2017

Musim Kemarau Telah Tiba, Waspadai Kekeringan

dibaca 474 kali
Share This
Tags

cc6RADIO LOMBOK FM, MATARAM – Bulan Mei setiap tahun nya menunjukkan sebagai bulan pancaroba,masyarakat NTB diminta untuk mewaspadai bencana kekeringan, Prakirawan Iklim Prov. NTB Hamdan Nurdin menjelaskan, pada bulan Mei tahun 2017 kali ini potensi hujan dengan intensitas rendah sampai sedang masih terjadi di beberapa wilayah seperti Kota Mataram dan Kab. Lombok Utara. Secara umum wilayah NTB sudah memasuki Musim Kemarau tahun ini, ujar Hamdan.

“Hujan yang berpeluang terjadi di bulan ini merupakan curah hujan terakhir di Musim Hujan 2016/2017”, ujar Hamdan (13/5/2017).

Keadan demikin disebabkan oleh beberapa hal seperti tampak pada gambar diatas, gambar Anomaly SST (Sea Surface Temperature). Gambar ini menampilkan potret kondisi anomali suhu muka laut perairan Indonesia sudah mulai mendingin dengan nilai 0 – (-1,5) derajat celsius yang artinya potensi peluang pertumbuhan awan2 hujan semakin kecil.

Gambar Angin, Kalau dilihat dari pergerakan Angin hingga awal Mei 2017 angin Timuran semakin menguat setelah ditinggal TC (Tropical Cyclone) France di Selatan NTT. Gambar OLR (Outgoing Long Radiation). Gambar ini diupdate pada awal Mei 2017 dengan menampilkan kondisi gelombang panjang dari matahari ke bumi, untuk wilayah NTB berkisar normal hingga panas, artinya pertumbuhan awan-awan hujan sudah mulai menurun aktivitas nya yang berpeluang hujan.

Gambar MJO (Madden-Julian Oscillation), Posisi intensitas MJO kuat masih terjadi di wilayah Afrika diprediksi MJO akan sampai Benua Maritim Indonesia) di akhir Mei 2017 dengan intensitas Lemah. Oleh karena itu, “kita perlu mewaspadai untuk wilayah2 yang menjadi wilayah terdampak kekeringan diperiode Musim Kemarau di NTB agar lebih cepat aksi untuk persediaan air bersih”, tutup Hamdan. |006|024|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah