Published On: Tue, Oct 6th, 2015

Mewujudkan Pendidikan Berkarakter Butuh Peran Semua Pihak

dibaca 576 kali
Share This
Tags

tkRADIO LOMBOK FM – Untuk mewujudkan pendidikan berkarakter bagi peserta didik, maka dibutuhkan peran serta semua pihak, baik pemerintah, guru, peserta didik ataupun orang tua.

Hal tersebut dikatakan, salah seorang pemerhati pendidikan Lombok Utara, Hafiz. Menurutnya, selain membutuhkan peran serta semua elemen masyarakat, juga penting diperhatikan kesejahteraan tenaga guru demi kelancaran proses belajar mengajar.

Pendidikan berkarakter, kata Hafiz bukan dengan cara merubah kurikulum, tapi yang lebih penting adalah dunia pendidikan harus bisa menciptakan tenaga trampil, kreatif dan inovatif.

Dikatakan, ketika siswa yang terampil dan kreatif sudah tamat, mereka tidak akan mengandalkan pekerjaan dari pemerintah, namun akan berusaha menciptakan lapangan kerja sendiri.

“Pendidikan berkarakter itu seharusnya kita sebagai peserta didik bisa terampil dan mengembangkan diri. Contohnya saja, bila kita lulusan sekolah menengah kejuruan, kita bukan saja mengandalkan pemerintah untuk memberikan pekerjaan, tapi bagaimana kita mengembangkan diri agar bisa membuka lapangan kerja minimal untuk diri sendiri”, jelasnya.

Selain itu, tenaga pengajar perlu mendapat perhatian dari pemerintah, karena selama ini masih banyak tenaga pengajar yang belum maksimal diperhatikan baik dari segi kesejahteraan ataupun alat penunjang pendididkan lainnya.004|045|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah