Published On: Thu, Aug 18th, 2016

Meriahkan HUT 71 RI Warga Dodokan Kenakan Sarung Dan Pakaian Adat

dibaca 570 kali
Share This
Tags

upacara seninRADIO LOMBOK FM, Lombok Barat – peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-71 di Kabupaten Lombok Barat (Lobar) tidak hanya semarak di tingkat Kabupaten saja. Tetapi, gemanya terasa hingga ke pelosok dusun, kampung dan desa.

Masyarakat di Kampung Dodokan, Kelurahan Gerung Selatan, Kecamatan Gerung menunjukan semangat nasionalisme mereka yang cukup tinggi dengan mengikuti upacara peringatan HUT RI ke-71 dengan berpakaian apa adanya. Demikian pantauan Radio Lombok FM di Gerung, Rabu (17/08/2016).

Masyarakat yang tinggal di bawah lereng gunung Sasak ini mengikuti upacara layaknya upacara seremonial sesungguhnya. Mereka melaksanakan upacara HUT RI ke-71 dalam suasana terbit dan khidmat. Nursalim Lurah Gerung Selatan tampak bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Sementara itu, naskah proklamasi dibacakan Kepala Lingkungan Dodokan. Sedangkan bertindak sebagai Komandan Upacara Babinsa Gerung Selatan Lukman dari Danramil Gerung.

Sekretaris Lurah Gerung Selatan Nurisah mengatakan, selain menumbuhkan semangat patriotisme dan cinta tanah air. Kegiatan HUT RI ke-71 ini juga dimaksudkan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat. Namun juga agar masyarakat tidak melupakan jasa-jasa para syuhada bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini untuk bisa merdeka dari tindasan kaum penjajah.

Selain dihadiri oleh anak-anak, remaja dan orang tua dengan pakaian apa adanya. Apel ini juga diikuti oleh peserta dengan mengenakan pakaian adat sasak dan seragam veteran (pejuang) kemerdekaan.

“Pelaksanaan upacara bendera HUT RI di Dodokan ini sendiri kita dibantu oleh para mahasiswa STIE 45 Mataram yang tengah melakukan KKN di Kelurahan Gerung Selatan. Ke depannya kita akan terus lanjutkan kegiatan seperti ini dan lebih baik lagi,” kata Fathul Arifin Ketua Remaja Dodokan. |007|018|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah