Published On: Wed, Mar 15th, 2017

Merasa Diperas, Para Nelayan Hearing Ke Dewan

dibaca 211 kali
Share This
Tags

aa2RADIO LOMBOK FM, Lombok Timur – Para Nelayan Tanjung Luar datangi kantor DPRD Kabupaten Lombok Timur guna untuk menyampaiakan permasalahan yang mereka alami ditengah laut. Peroblema yang dialami para nelayan ketika melaut selalu di palak retribusi, dugaan yang melakukan hal itu adalah oknum Pol Air Provinsi.

Pada kesempatan itu para nelayan diterima oleh komisi IV, Selasa (14/03/2017).

Sarwin selaku juru bicara para nelayan tersebut menyampaikan keluhannya bahwa para nelayan setiap melaut selalu saja dimintai retribusi, padahal nelayan itu memiliki surat-surat melaut lengkap. Apabila surat izin melaut lengkap dan masih saja oknum Pol Air tersebut melakukan pemungutan, itu artinya surat izin yang dipegang nelayan tidak berarti sama sekali.

‘’Surat izin ada, kenapa tetap dipungut, kasihan para nelayan kita pak’’, jelasnya.

Kemudian lanjutnya mengenai asuransi nelayan banyak nelayan yang tidak mengerti tentang asuransi itu sendiri, sebab di KTP pekerjaan nelayan bertuliskan wiraswasta, sehingga para nelayanan ini kebingungan apakah dengan identitas pekjerjaan di KTP itu yang menjadi salah satu persaratan mendapatkan asuransi.

‘’Banyak yang tidak mengerti para nelayan ini tentang asuransi, mungkin menurutnya mereka tidak dapat karena di KTP mereka identitas pekerjaan wiraswasta bukan nelayan’’, paparnya.

Kadis Perikanan dan Kelautan Taswirudin dikesempatan itu mencoba menjawab mengenai surat izin melaut, ia menegaskan untuk saat ini karena ada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru maka Kabupaten tidak lagi menerima pembuatan surat izin melaut melainkan para nelayan langsung ke Mataram.

Kemudian untuk surat izin semestinya nelayan juga tidak memerlukan hal itu kalau muatan perahu dibawah 5 GB hanya saja mereka harus memiliki surat catatan kapal. Dan untuk asuransi akuinya memang belum semua nelayan ini bisa terkaper melainkan hanya sebagian orang yang mendapat asuransi tersebut. Akan tetapi pihak Pemkab Lotim tetap akan mengusahakan agar semua dapat, jelasnya.

Dikesempatan itu juga mengenai pemungutan ditenagah laut ia akan coba lakukan komunikasi dengan pihak Pemprov apakah betul pemungutan retribusi ditengah laut itu ada atau tidak, paparnya.|002|030|.

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah