Published On: Wed, Nov 4th, 2015

Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekskul

dibaca 670 kali
Share This
Tags

loLOMBOK TIMUR.lombokfm.com – Distorsi dalam segi moral yang melanda karakter siswa dan siswi dapat dibangun melalui kegiatan ekstra sekolah. Pendekatan dengan pendidikan ekstrakulikuler itu sendiri dapat dilakukan kepada siswa di lingkungan sekolah.

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah SMA N 1 Suela, Kabuapetn Lombok Timur, Akram S.pd saat ditemui lombok fm, Selasa (03/11/2015). Menurutnya, pendidikan karakter dapat dilakukan bersamaan dengan kegiatan belajar mengajar yang diintegrasikan dalam setiap mata pelajaran. Sebab, pendidikan ekskul seperti olah raga misalnya, tidak sekadar gerak badan, tapi juga alat yang strategis untuk membina karakter.

’’Selain harus dibiasakan dalam kehidupan keseharian siswa dan juga dapat diintegrasikan ke dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka, karya tulis, teaterikal dan sebagainya,’’ terangnya.

Dalam olahraga mengandung nilai-nilai kejujuran dan sportivitas. Karena itu, merupakan langkah sangat maju untuk memosisikan kembali olahraga dalam pembentukan karakter.

Sekurangnya ada 100 model pembangunan karakter yang dikumpulkan berdasar masukan dari para guru. Antara lain menggunakan strategi melalui permainan dan olahraga serta mengembangkan sikap sportif dalam interaksi keseharian.
Akram menjelaskan, pendidikan karakter membutuhkan proses internalisasi nilai-nilai. Karena itu, diperlukan pembiasaan diri untuk masuk ke dalam hati.

Nilai-nilai karakter seperti menghargai orang lain, disiplin, jujur, amanah, dan sabar dapat direfleksikan dan diinternalisasi ke dalam seluruh kegiatan sekolah. |006|003|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah