Published On: Fri, Jun 24th, 2016

Melepas Lelah Sambil Berwisata Di Hutan Pusuk

dibaca 774 kali
Share This
Tags

Kawasan Wisata Pusuk (5)

RADIO LOMBOK FM, Lombok Barat – Kawasan hutan Pusuk yang masih menjadi wilayah kabupaten Lombok Barat dan merupakan daerah perbatasan antara Lombok Barat dengan kabupaten Lombok Utara merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di NTB dan tengah berkembang, seiring dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung kawasan hutan dengan tampilan flora dan fauna di kawasan ini yang menyejukkan dan menyenangkan.

Lokasi yang berjarak hanya 15 kilometer arah utara kota Mataram menuju wilayah Lombok Utara, sangatlah indah dan menakjubkan bila dikunjungi para wisatawan maupun pencinta lingkungan.

Tempat ini sangat cocok untuk melepaskan kepenatan setelah seharian atau bahkan seminggu lamanya sibuk dengan berbagai aktivitas.

Menuju kawasan ini hanya membutuhkan waktu 30 menit saja dari kota Mataram. Kawasan yang terdiri dari hutan lindung di kanan-kiri jalan dengan pemandangan yang asri, indah dan menyejukkan ini merupakan salah satu obyek wisata yang memiliki keunikan tersendiri.

Pasalnya selain tempat persinggahan untuk melepas lelah, juga wisatawan bisa mendapatkan berbagai sajian makanan khas tradisional Lombok atau sajian kuliner khas sasak yang menggoda.

Sebutlah misalnya makanan khas Lombok seperti pelecing kangkung, sate bulayak, atau olah-olah (daun pakis berbumbu santan) ataukan jagung bakar hangat yang memang betul-betul menghangatkan badan.

Belum lagi segarnya air tuak manis (air dari pohon aren) yang di pajang setiap saat di pinggir jalan hingga ke wilayah Gunungsari.

Berbicara pengunjung yang datang ke lokasi ini, biasanya memanfaatkannya untuk beristirahat, utamanya bagi para pengguna jalan yang melintasi jalan menuju kabupaten Lombok Utara. Pasangan muda-mudi yang tengah dilanda asmara, juga sering menggunakan lokasi ini untuk memadu kasih.

Mengunjungi wisata pusuk, suasana wisata Lombok bisa sepenuhnya dirasakan. Di tempat ini, suasana sejuk pegunungan dapat dirasakan. Belum lagi species monyet-monyet yang hampir ribuan jumlahnya dan selalu menanti dengan bersahabat di pinggir jalan raya Tanjung menanti pemberian makanan atau snack dari pengunjung.

Monyet-monyet ini juga sangat akrab dengan para wisatawan. Namun keberadaannya tidak sampai mengganggu para pengunjung.  Kelestarian flora dan fauna di daerah wisata ini sungguh sangat menyenangkan dan masih sangat alami. Begitu pula spesies monyet yang bisa dilihat juga cukup beragam. Bergerak lincah turun dan melompat dari satu ranting ke ranting lainnya.
Di atas puncak wisata pusuk,  pengunjung wisata juga bisa melepas lelah di beberapa berugaq (balai kecil) yang sudah disiapkan. Jika butuh makan dan minum, anda tidak perlu kebingungan karena di sepanjang jalan berliku itu berjajar penjual makanan dan minuman dari air biasa hingga air pohon aren yang manis dan menyehatkan atau masyarakat Lombok menyebutnya dengan minuman tuak.

Jika anda melakukan hunting perjalanan wisata dengan tujuan obyek wisata tiga Gili di Lombok Utara termasuk Gili Trawangan pasti anda akan melewati kawasan hutan wisata Pusuk Lestari ini. Karena itu waktu yang tepat untuk singgah beristirahat sejenak menikmati hawa pegunungan dan panorama indah di kawasan  wisata pusuk ini.

Bukan hanya itu, di atas pucuk wisata ini pula anda dapat melepaskan pandangan tanpa terhalang untuk menatap keindahan pantai yang ada di kabupaten Lombok Utara. Salah satunya wisata tekenal di Lombok, yakni Gili Terawangan. |007/028|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah