Published On: Sun, Oct 18th, 2015

Medana, Wisata Andalan Lombok Utara

dibaca 1,839 kali
Share This
Tags

Pantai-Sire-MadanaTANJUNG, Lombok FM – Bila Sumber Daya Alam (SDA) di Lombok Utara dikelola dengan baik, tentu akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Lihat saja lahan subur dan kering membentang dari Kecamatan Pemenang hingga ujung timur kecamatan Bayan.

Di sepanjang jalan menuju pantai utara terdapat ribuan bahkan jutaan pohon kelapa yang berdiri tegak dengan daunnya yang melambai-lambai, seolah-olah menantang setiap investor dan pembeli untuk menanamkan modalnya. Tidak heran bila Lombok Utara yang baru berusia lima tahun ini memiliki komoditi unggulan selain kopi, coklat, mente, vanili, dan pisang  juga termasuk kelapa.

Selain kaya akan Sumber Daya Alam,  KLU juga memiliki beberapa obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan,  yang salah satunya adalah wisata Pantai Sire Medana yaitu pantai yang memiliki air bening dan jernih dengan hamparan batu berbagai bentuk dan ujung teluk berjejer menyerupai patung gajah dan sambi menambah eksotis keindahan wisata yang terletak di ujung utara Pulau Lombok.

Dipunggung bukit pantai Medana terdapat sebuah makam yang dikeramatkan dan banyak dikunjungi oleh para penzirah. Konon dimakam itu bersemayam jasadnya seorang kesatria kaya raya yang dermawan yang bernama Amaq Dana. Masyarakat sekitar menuturkan, bahwa saking kedermawanannya, seluruh harta baik berupa hasil pertanian,  perhiasan, ternak dan harta lainnya dihabiskan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan uluran tangan.

Dalam legenda disebutkan, hiasan alam berupa batu dengan berbagai bentuk yang ada di sekeliling Pantai Medana  diyakini sebagai perwujudan harta kekayaan Amaq Dana yang berubah menjadi batu.  Tak heran bila beberapa penziarah yang berkunjung ke makam Medana kadang-kadang ada yang mohon kepada Yang Maha Kuasa agar diberikan kekayaan seperti Amaq Dana.

Terlepas apakah benar atau tidak cerita rakyat tentang legenda Makam Medana, namun yang jelas obyek wisata bahari yang dikenal dengan nama Medan Bay Marina setiap hari ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Bahkan tidak sedikit diantara pengunjung terutama yang menggunakan kapal pesiar kecil (yacht) yang menginap dihotel yang ada di Medana.

Di Pantai Medana telah berdiri sejumlah hotel bintang, seperti Hotel Medana Bay Marina dan di punggung  bukit Medana telah dibangun The  Oberoi  Lombok yang merupakan hotel bintang lima plus pertama di Pulau Lombok. Sementara di Pantai Sira yang lokasinya berdekatan dengan Medana terdapat Hotel Tugu dan Puri Medana.

Selain terdapat hotel berbintang, di pantai Sire Medana juga terdapat lapangan Lombok Golf Country Club. Pengunjung pusat golf mewah ini tidak hanya disuguhi fasilitas yang lengkap namun juga view yang mempesona. Tidak itu saja, panorama sunrise pantai Sire Medana juga indah dan sering diburu para penghobi fotografi. Matahari yang terbit di titik ini berlatarkan Gunung Rinjani yang berdiri kokoh.

Penduduk Dayan Gunung dikenal cukup ramah terhadap para wistawan yang berkunjung baik yang berasal dari luar negeri ataupun dalam negeri. Dan tamu yang berkunjung dianggap sebagai “renten” atau saudara yang perlu disambut dan dihormati. Tak heran bila pantai ini dijadikan sebagai tempat peristirahatan  bagi tamu yang menggunakan kapal pesiar. Sekali setahun di pantai Sire Medana digelar berbagai even seperti Sail Indonesia yang diisi dengan hiburan rakyat berupa kesenian tradisional dan hiburan music serta antraksi budaya.

Untuk mengunjungi makam dan pantai Medana, dari kota Mataram dapat ditempuh dengan menggunakan sepeda motor atau mobil melalui dua jalur, yaitu jalur pusuk dan jalur wisata Senggigi. Jaraknya dari kota Mataram ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat dengan Kecamatan Tanjung sekitar 30 kilometer kearah utara atau sekitar satu jam perjalanan.|004|081|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah