Published On: Thu, Jul 21st, 2016

Masyarakat Lotim Minim Membuat Akte Kematian

dibaca 595 kali
Share This
Tags

ripaan dukcapilRADIO LOMBOK FM, Lombok Timur – Tak banyak dari ribuan masyarakat Lombok Timur khususnya dalam membuat akte kematian. Padahal kalau dilihat dari nilai dengan akte kelahiran kedua akte tersebut sama-sama penting. Namun fakta sekarang ini ternyata masyarakat lebih memntingkan membuat akte kelahiran ketimbang akte kematian.

‘’dominan masyarakat kita lebih mengurus akte kelahiran ketimbang akte kematian’’, demikian dikatakan Kabid pencatatan Sipil discapil Lotim H. Ripaan kepada RADIO LOMBOK FM, Kamis 21/07/2016.

Lanjutnya Ripaan data yang masuk daftar orang membuat akte kematian di Discapil yaitu sebanyak satu atau dua orang dalam waktu satu bulan bahkan sampai dua bulan, itupun yang membuat seorang PNS untuk mengurus Taspen.

‘’masyarakat umum kita tidak ada yang membuat akte kematian itu’’, tegasnya.

Padahal menurutnya hal itu sangat penting, baik nantinya dipergunakan saaat pembagian harta warisan, dimana akte kematian tersebut bisa dilampirkan.

Melihat kondisi seperti ini, maka perlu adanya peningkatan langkah sosialisasi kepada masyarakat agar mengurus akte kematian tersebut.

Salah satu cara juga akan digunakan nantinya untuk sosialisasi yaitu memberikan selebaran ajakan untuk membuat akte kematian kepada orang sebagai penjaga makam, sehingga setiap ada orang berkunjung atau ada kematian, petugas yang dipercaya bisa memberikan selebaran tersebut, paparnya Ripaan. |002|033|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah