Published On: Thu, Oct 29th, 2015

Masjid Pusaka Peninggalan Raja Selaparang

dibaca 7,062 kali
Share This
Tags

seremLOMBOK TIMUR. Lombokfm.com – Masjid Pusaka Kerajaan Selaparang yang berdiri kokoh di desa Ketangga Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur ini ternyata menyimpan misteri, Didalam masjid, tepatnya didepan mimbar terdapat sebuah batu yang kini ditutup dengan kaca, Konon batu tersebut berasal dari negeri Bagdad (Irak).

Hal tersebut disampaikan Muhammad jaelani tokoh masyarakat Desa Ketangga,Muhammad Jaelani mengatakan “Masjid Pusaka ini salah satu bukti peninggalan kerajaan Selaparang, terdapat di dalamnya Al-Qur’an bertulis tangan, sabuk belo, tangiang, dan peralatan perang” jelasnya saat ditemui lombokfm 27/10/2015.

Sementara didepan masjid Pusaka, terdapat sebuah bangunan yang berukuran sekitar 5 x 7 meter persegi, yang oleh masyarakat sekitar menyebutnya Gedeng pusaka yaitu sebuah tempat menyimpan benda-benda pusaka kerajaan Selaparang, Didalam gedeng tersebut tersimpan sebuah Al-Qur’an bertulis tangan, keris dan perisai yang terbuat dari kulit anak manusia (tangiang).

Selain itu terdapat juga sebuah sabuk yang bertuliskan sejarah manusia sejak lahir hingga masuk ke alam akhirat, Dan sebagian masyarakat menyebutnya sabuk tersebut adalah sabuk belo atau sabuk yang terdapat berbagai jenis penjelasan tentang dunia dan akhirat.

“selain adanya peralatan perang, juga terdapat sabuk belo atau ikat pinggang yang cukup besar. Dalam sabuk itu sendiri terdapat tulisan dan gambar tentang kehidupan dunia dan akhirat” jelas Jaelani.

Tidak jauh dari tempat ini atau sekitar 6 km, terdapat sebuah makam raja yang terkenal di Pulau Lombok, yaitu makam Raja Selaparang, sebuah kerajaan yang muncul pada dua periode yakni pada abad ke-13 dan abad ke-16.
Karena pemandian Lemor terletak pada ketinggian 700 meter dari permukaan laut, sehingga wilayah ini termasuk anak tangga pendakian ke Rinjani. Selamat Menikmati Wisata Budaya dan Alam di Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur. |006|044|

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah