Published On: Tue, Apr 26th, 2016

Mantan Penjahat, Khatam Alqur’an

dibaca 851 kali
Share This
Tags

f- mantan penjahat khatam alqur'anRADIO LOMBOK FM, Lombok Tengah – Rumah Tahanan (Rutan) Praya , senin (25/04/16) mengelar khatamul Qur’an di Aula Rumah Tahanan setempat. Sebelum dimulai acara terlebih dahulu beberapa group Rebana menyajikan unjuk kebolehannya dihadapan Napi dan tamu undangan. Acara ini digelar sebagai bentuk pembinaan dengan memberikan pemahaman kepada para napi bahwa mereka juga bisa berbuat dan melakukan kegiatan keagamaan untuk bekal kembali ditengah-tengah masyarakat. Dari 348 napi yang dibina, pada kesempatan tersebut sebanyak 20 orang napi yang berasal dari majlis taklim Attaobah akan melakukan khatam alquran yang akan dipimpin dan dibimbing langsung oleh TGH. Turmuzi Badarudin.

Hal ini diungkapkan oleh kepala Rutan Praya Drs. Gunawan Gatot Priyadi kepada RADIO LOMBOK FM dikantornya. Lebih jauh gunawan menjelaskan bahwa pembinaan keagamaan ini akan terus dilakukan kedepan termasuk memberikan pembinaan kepada beberapa napi yang buta aksara Quran dan napi bisa memperoleh Hak-Hak pembinaannya serta bentuk fungsi pengawasan, kita juga melakukan pemantauan ketakwaannya setiap minggu yakni jika mereka tidak melakukan sholat jumat selama dua kali berturut-turut maka itu menjadi catatan kami. Adapun alat seni Rebana Badroh yang disertai dengan lantuan lagu-lagu islami juga dikembangkan dan memiliki anggota sebanyak 40 anggota napi.”Sambungnya.

“Kami dalam hal memberikan pembinaan keperbadian,  melihat hak-hak mereka yakni dari 18 syarat yang pertama yakni hak bertakwa kepada tuhan yang maha esa. Bila mereka sudah bertakwa kepada tuhan yang maha esa kemudian selanjutnya mereka dibina untuk tidak melakukan pelanggaran/taat hukum, melakukan pembelajaran formal dan lain lainnya dan bukan hanya demi mendapatkan remisi semata,”Ugkap kepala rutan yang baru 5 (Lima) bulan bertugas di Lombok tengah ini.

Ditanya Terkait sarana dan prasarana pendukung yang saat ini dimiliki oleh Rutan Praya, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Pemda dan Pihak Pemda sudah menjanjikan kepada pihaknya mengenai penambahan dan perluasan lahan lapas namun pihaknya tahu prosesnya sangat panjang sehingga pihaknya akan terus bersabar.

Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Lombok Tengah H.L. Fathul Bahri S.IP usai memberikan sambutan pada pembukaan acara tersebut bahwa Pemda sangat mengapresiasi terobosan kepala Rutan yang baru ini untuk mengelola Rutan layaknya Pondok Pesantren. Pemda akan melakukan koordinasi lebih intensif kepada pihak Rutan terkait tenaga pengajar yang dibutuhkan dari pondok pesantren sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap para napi yang tujuannya mereka bisa menjadi orang yang betul-betul berbakat ketika kembali ditengah-tengah masyarakat nanti dan ia akan mendatangkan guru/ustast dari bidang ilmu takhfis, tilawah, qiroah, kitab-kitab dasar dan Khatamul Qur’an dan terkait kelengkapan ataupun perluasan kapasitas Rutan,  L. Fathul sapaan akrabnya akan mencoba berkoordinasi lebih lanjut dan berharap bisa dianggarkan di APBDP,”Imbuhnya

Tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Lombok Tengah H.L. Fathul Bahri S.IP, Pengasuh dan Pimpinan Pondok Pesantren Qomarul Huda Bagu TGH. Turmuzi Badarudin, Kepala Rutan dan Semua pegawai dan seluruh Nara Pidana (Napi) yang menjalankan hukuman di Rutan Praya,|008|002| .

Iklan Teks


Raih ketenangan dengan akses yang luas di Bank Muamalat
Jasa pegadaian berprinsip syariah Islam, kunjungi situs resmi Pegadaian Syariah
Memberikan yang terbaik sesuai kaidah Islam, kunjungi situs resmi BNI Syariah